Wisata sejarah

Wisata sejarah

Adapun beberapa objek wisata sejarah yang ada di riau dan kepulauan riau,diantaranya :

  1. Candi muara takus

Terletak di desa muara takus,kecamatan XIII kota Kampar.Di dalam kompleks ini terdapat pula bangunan candi tua,candi bungsu,candi mahligai stupa,serta palangka.

Bahan bangunan candi terdiri dari batu pasir,batu sungai,dan batu bata,candi muara takus satu-satunya peninggalan sejarah yang berbentuk candi di riau.

Candi yang bersifat budhistis ini merupakan bukti pernah adanya agama budha yang berkembang di kawasan ini.

  1. Istana siak

Kerajaan siak adalah sebuah kerajaan melayu islam yang terbesar di riau.Kini sebagai bukti sejarah atas kebesaran kerajaan melayu islam tersebut dapat di lihat peninggalan kerajaan tersebut berupa kompleks istana kerajaan siak yang di bangun oleh Sultan Assyaidid Syarif Hasim Abdul Jalil Syaifuddin pada tahun 1889 dengan nama Assirayatu Hasyima lengkap dengan peralatan kerajaan.

            Sekarang istana kerajaan Siak Sri Indra Pura di jadikan tempat penyimpanan benda-benda koleksi kerajaan antara lain : kursi singgasana kerajaan yang berbalut emas,duplikat mahkota kerajaan,brankas kerajaan,paying kerajaan,tombak kerajaan,komet sebagai barang langka dan menurut cerita hanya ada 2 di dunia,serta barang-barang lainya.

  1. Mesjid raya pekanbaru

Mesjid raya dan makam marhum bukit serta makam mahrum pekan,Mesjid raya pekanbaru terletak di kecamatan senapelan memiliki arsitektur tradisional yang amat menarik dan merupakan masjid tertua di pekanbaru,masjid ini di bangun pada abad ke 18 dan sebagai bukti kerajaan siakpernah berdiri di kota ini pada masa pemerintahan Sultan Abdul Jalil Muazzam Syah dan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah sebagai sultan ke empat dan ke lima dari kerajaan siak sri indra pura.

            Di areal mesjid terdapat sumur yang mempunyai nilai magis untuk membayar zakat atau nazar yang sudah di hajatkan sebelumnya.

  1. Mesjid raya sultan riau atau mesjid penyengat

Mesjid ini merupakan salah satu objek wisata sejarah yang sangat termasyur yang terletak di kepulauan riau.

Bangunan masjid ini berwarna kuning yang terlihat sangat indah dan kono ceritanya terbuat dari putih telur.

  1. Kelenteng hoo an kiong (vihara sejahtera sakti/tua pek kong bio)

Kelenteng ini adalah kelenteng tertua yang ada di selat panjang dan juga merupakan kelenteng tertua di provinisi riau.

            Kelenteng ini di dirikan pada masa kolonial belanda dan sampai sekarang belum  tau kapan berdirinya kelenteng ini.Sejarawan memprediksi kelenteng ini berumur lebih dari 150 tahun setelah terlihat dari relief arsitektur bangunanya.

  1. Benteng tujuh lapis

Benteng tujuh lapir terletak di daerah dalu-dalu kecamatan tambusai kabupaten rokan hulu.Benteng tujuh lapis ini di buat oleh masyarakat dalu-dalu pada masa perang paderi atas petuah tuanku tambusai dan di tinggalkan pada 28 desember 1839.

sumber :
https://www.sudoway.id/seva-mobil-bekas/