Wisata budaya

Wisata budaya

  1. Upacara bakar tongkang

Upacara ini menjadi unggulan provinsi riau yang berasal dari kabupaten Rokan Hilir,upacara bakar tongkang merupakan salah satu kekayaan budaya dari provinsi riau yang telah internasional.

            Wisata bakar tongka merupakan sebuah kisah pelayaran dari masyarakat keturunan tionghoa yang melarikan diri dari si penguasa siam di saratan indo china pada abad ke-19.

  1. Pacu jalur di Teluk kuantan

Pacu jalur adalah salah satu iven kebanggan provinsi riau,khususnya kabupaten kuantan singing.Ada yang mengatakan pacu jalur sama dengan even wisata dayung perahu naga,itu salah besar.

            Pacu jalur dengan dayung perahu naga hanya lah mirip karna pacu jalur mempunyai keunikan sendiri di mulai dari mencari pohon besar untuk perahu,pembuatanya sampai ke gelanggang pacu memiliki ritualmya masing-masing,hal ini lah yang menjadi daya tarik dari pacu jalur dan even pacu jalur memiliki daya tarik yang mendunia.

Setiap even pacu jalur di adakan selalu ada peserta dari luar negri yang turut serta.

  1. Perayaan imlek di kepulauan meranti

Hamper setiap tahun perayaan imlek di kota ini di rayakan sangat meriah bahkan juga termasuk peraaan imlek yang paling meriah di kawasan provinsi Riau.Apalagi pemerintah daerah kabupaten meranti juga sudah menjadikan iven perayaan imlek sebagai salah satu asset wisata tahunan yang masuk ked alam kalender wisata Riau.

Puluhan ribu orang baik dari selat panjang maupun luar selatpanjang seperti Malaysia,hongkong,china,Taiwan,Australia akan membanjiri kota selat panjang untuk turut serta memeriahkan perayaan imlek.

Perayaan imlek bagi sejumlah warga tionghoa selatpanjang yang berasal dari luar maupun dalam daerah maupun negri,di jadikan ajang tradisi pulang kampung.Hal ini sudah berlangsung lama bahkan mereka anggap sebagai momen penting untuk mudik ke selatpanjang tanah kelahiran mereka.

            Walaupun puncak perayaan acara perayaan tahun tahun baru imlek di selat panjang berlangsung pada hari ke-6 bulan pertama tahun baru imlek yang biasanya di sebut Cuelak  tetapi kemeriahannya sudah terasa di hari H-7 yaitu seminggu sebelum perayaan imlek.

Demikialah beberapa objek wisata yang ada di riau dan kepulauan riau yang dapat menjadikan riau sebagai pusat pariwisata budaya melayu.

Riau yang menjadi pusat kamaharajaan melayu dan kebudayaanya terus berkembang kini memasuku abad 21 dimana ere globalisasi tengah terjadi oleh karena itu kita sebagai orang melayu hendaknya dapat menjadikan riau sebagai pusat pariwisata kebudayaan melayu dan daerah tujuan wisata yang terkenal.

Dan masih banyak lagi objek wisata yang belum terpaparkan di atas oleh karna itu maru wujudkan visi riau 2020 dan menjadikan riau sebagai pusat pariwisata budaya melayu di asia.

sumbe r: