Virginia Henderson

Table of Contents

Virginia Henderson

Teori keperawatan  Virginia Handerson (Hammer dan Henderson, 1955) mengcangkup seluruh kebutuhan dasar seorang manusia. Handerson (1964) mendefinisikan keperawatan sebagai :

Membantu individu yang sakit dan yang sehat dalam melaksanakan aktivitas yang memiliki kontribusi terhadap kesehatan dan penyembuhannya. Dimana individu tersebut akan mampu mengerjakannya tanpa bantuan bila ia memiliki kekuatan, kemauan, dan pengetahuan yang di butuhkan. Dan hal ini dilakukan dengan cara membantu mendapatkan kembali kemandiriannya secepat mungkin.

Kebutuhan berikut ini, sering kali disebut 14 kebutuhan dasar henderson , memberikan kerangka kerja dalam melakukan asuhan keperawatan (Henderson, 1966):

1)        Bernapas secara normal

2)        Makan dan minum yang cukup

3)        Eliminasi (buang air besar dan kecil)

4)        Bergerak dan mempertahankan postur yang diinginkan

5)        Tidur dan istirahat

6)        Memilih pakaian yang tepat

7)        Mempertahankan susu tubuh dalam kisaran normal dengan menyesuaikan pakaian yang dikenakan dan modifikasi lingkungan

8)        Menjaga kebersihan diri dan lingkungan

9)        Menghindari bahaya dari lingkungan dan menghindari yang membahayakan orang lain

10)    Berkomunikasi dengan orang lain dalam mengekspresikan emosi, kebutuhan, kekhawatiran dan opini

11)    Beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaan

12)    Bekerja sedemikian rupa sebagai modal untuk membiayai kebutuhan hidup

13)    Bermain dan berpartisipasi dalam berbagai bentuk rekreasi

14)    Belajar, menemukan atau memuaskan rasa ingin tahu yang mengarah pada perkembangan yang normal, kesehatan, dan penggunaan fasilitas kesehatan yang tersedia.

  1.  Watson

Filosofi Watson tentang asuhan keperawatan (1979,1985,1988) berupaya untuk mendifinisikan hasil dari aktivitas keperawatan yang berhubungan dengan aspek humanistik dari kehidupan ( Watson 1979;marriner-Tomey,1994). Tindakan keperawatan mengacu langsung pada pemahaman hubungan antara sehat, sakit dan perilaku manusia.Keperawatan memperhatikan peningkatan dan mengembalikan kesehatan serta pencegahan terjadinya penyakit.

sumber :

https://sel.co.id/gb-whatsapp-apk/