Ucapan Selamat Ramadan 2020: Cara Bikin di Android & iOS via Canva

Ucapan Selamat Ramadan 2020 Cara Bikin di Android & iOS via Canva

Ucapan Selamat Ramadan 2020: Cara Bikin di Android & iOS via Canva

 

Ucapan Selamat Ramadan 2020 Cara Bikin di Android & iOS via Canva
Ucapan Selamat Ramadan 2020 Cara Bikin di Android & iOS via Canva

Bulan Ramadan 2020 sebentar lagi tiba. Bertepatan dengan momen itu, jelang 1 Ramadan 1441, orang-orang biasanya berbagi kartu ucapan untuk memberi selamat, meminta maaf, atau sekadar memotivasi sebelum hari pertama puasa, pada keluarga, teman, atau sahabat.

Di zaman internet seperti sekarang, kartu ucapan selamat Ramadan 2020 pun mengalami evolusi, dari berwujud

fisik, kini menjadi digital. Pengirimannya pun juga berubah, dari via pos atau ‘tangan-ke-tangan’, kini melalui media sosial atau aplikasi perpesanan.

Cara bikin kartu ucapan selamat Ramadan 2020 pun tak sulit dan bisa dilakukan melalui smartphone Android atau iOS, dengan memanfaatan aplikasi desain grafis, salah satunya yaitu Canva. Aplikasi ini pun tersedia gratis.

Baca juga: Bacaan Doa Buka Puasa Ramadan yang Jatuh Mulai Jumat 24 April 2020

Mengapa Pakai Canva?
Canva di Play Store adalah salah satu aplikasi pilihan Editor Google untuk kategori Seni & Desain. Di sana, aplikasi Canva menerima rating rata-rata 4,7 (rating mentok 5) dari dua juta+ ulasan.

“Sangat membantu sekali bagi saya, ketika saya akan membuat tugas leaflet dan dikerjakan cukup di ponsel saja,” tulis Delvi Malakiano salah satu pengulas di kolom komentar pada 18 April 2020.

Canva di Play Store pun punya statistik tak main-main: telah diinstal lebih dari 50 juta kali! Per 22 April 2020, Canva punya nomor versi 2.57.2 dan dimutakhirkan terakhir pada 21 April 2020. Aplikasi ini punya kapasitas ‘mentah sebesar 29MB dan kompatibel dengan perangkat Android 4.1 (KitKat) atau yang lebih baru.

Canva di App Store pun juga punya statistik mentereng: menerima rating rata-rata 4,9 bintang (rating mentok 5) dari sekitar 300 ribu ulasan per 22 April 2020. Canva berkapasitas ‘mentah’ 337,7MB dan kompatibel dengan perangkat iOS 11.3 atau yang lebih tinggi.

Baik di Play Store maupun di App Store, Canva menawarkan pembelian item dalam aplikasi atau in-app purchase.

Harganya mulai Rp20 ribu hingga Rp890 ribu per item untuk Android dan 0,99 dolar AS hingga 99,99 dolar AS per item untuk iOS.

Hal itu terjadi lantaran Canva adalah aplikasi bertataus ‘freemium’, gratis tapi fitur dibatasi, ingin fitur full maka diwajibkan membayar. Meski begitu, tanpa bayar pun bikin kartu ucapan selamat Ramadan 2020 via Canva tetap bisa dilakukan maksimal.

Baca juga: Puasa 1 Ramadhan Mulai Jumat 24 April 2020 Menurut Muhammadiyah

Cara Bikin Kartu Ucapan
Dalam turotial ini diposisikan menggunakan Canva tanpa melakukan pembelian item di dalam aplikasi. Berikut tahapan cara bikin kartu ucapan selamat Ramadan 2020 menggunakan aplikasi Canva:

Download aplikasi Canva di Play Store atau App Store lalu instal
Buka aplikasi Canva kemudian login: pakai akun Google, Facebook, atau menggunakan email
Di laman utama aplikasi Canva, pilih menu ‘Card’
Di laman berikutnya, pilih menu ‘GreetingCard’
Di laman selanjutnya, pilih salah satu template kartu ucapan yang tersedia. Sebagai informasi, ada beberapa kartu template berbayar. Pilih kartu template tersemat label ‘Free’ bila ingin yang gratis
Berikutnya, template kartu bisa diedit atau dikustomisasi sesuai keinginan. Di sini, silakan tulis teks isi kartu ucapan selamat ‘Ramadan 2020’ sesuai kebutuhan. Pengguna juga bisa menambah gambar atau foto suka-suka
Setelah proses kustomisasi selesai, ketuk ikon ‘panah’ di pojok kanan atas untuk menyimpan kartu ucapan Ramadan 2020
Untuk membagikannya ke media sosial termasuk WhatsApp, silakan pilih ikon-ikon yang tersedia setelah ketuk ikon ‘panah’ tadi

Sementara, sidang isbat untuk menentukan kapan 1 Ramadan 1441 akan digelar Kementerian Agama pada Kamis

(23/4/2020). Ada 82 titik rukyatul hilal yang tersebar di 43 provinsi di Indonesia.

Keputusan sidang isbat akan didasarkan pada hasil rukyatul hilal dan data hisab posisi hilal pada tanggal tersebut.

Meski pemerintah masih menunggu hasil sidang isbat, ormas Islam Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadhan 1441 H jatuh pada hari Jumat, tanggal 24 April 2020.

Hal itu berdasarkan hasil Hisab Hakiki Wujudul Hilal yang menjadi pedoman Majelis Tarjih dan Tajdid. Penetapan itu diumumkan melalui Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 01/MLM/I.0/E/2020 pada 25 Februari 2020.

Sumber:

https://littlehorribles.com/danse-macabre-apk/