Tumbuhkan Minat Baca lewat Perlombaan

Tumbuhkan Minat Baca lewat Perlombaan

Tumbuhkan Minat Baca lewat Perlombaan

Tumbuhkan Minat Baca lewat Perlombaan
Tumbuhkan Minat Baca lewat Perlombaan

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor terus meracik cara untuk menumbuhkan minat membaca para pelajarnya

. Kali ini, cara yang dilakukan Disdik melalui perlombaan. Perlombaan yang dilakukan yakni dengan cara menilai kesiapan perpustakaan yang ada di SD se-Kota Bogor.

MENURUT Ketua Tim lomba Per­pustakaan SD tingkat Kota Bogor 2018, Waji Jatmiko N, diadakannya lomba perpustakaan SD ini untuk membe­rikan motivasi terhadap anak didik agar mempunyai hobi dan kegemaran membaca. Apalagi dalam standar pengelolaan pendidikan juga mewa­jibkan SD mempunyai sebuah per­pustakaan. ”Lomba perpustakaan ini bukan hanya berorientasi kepada kejuaraannya, namun lebih menge­depankan kemanfaatanya. Jadi, per­pustakaan harus bermanfaat kepada siswa, guru hingga komite dan warga yang ada di sekitar lingkungan seko­lah,” katanya.

Untuk itu, ia meminta, dalam mem­persiapkan lomba, pihak sekolah jangan sampai segalanya

dipersiapkan secara mendadak. Artinya, dalam waktu se­malam harus jadi. “Tentu yang seperti ini tak mencerminkan tujuan diadakan­nya lomba perpustakaan,” ujar Kasi Kurikulum SD di Disdik Kota Bogor usai melakukan penilaian di SDN Bantar Kemang 6, belum lama ini.

Sementara itu, Ketua K3SD Bogor Timur, Dede M Ilyas menyambut baik adanya lomba bagi perpustakaan SD.

Sebab, dengan adanya penilaian, tentu akan memotivasi para peng­elola untuk berusaha mengembang­kan perpustakaan yang ada. “Saya berharap agar bagaimana perpusta­kaan yang ada dapat berkembang dan dikelola lebih baik,” harapnya

 

Sumber :

https://voi.co.id/