Tujuan Model Pembelajaran Inquiry Based Learning

Tujuan Model Pembelajaran Inquiry Based Learning

Tujuan Model Pembelajaran Inquiry Based Learning

Tujuan Model Pembelajaran Inquiry Based Learning

Tujuan utama penggunaan model pembelajaran inquiry based learning adalah

untuk membangun teori. Bagaimanapun pengetahuan sosial (IPS) harus merumuskan fakta, konsep, dan generalisasi dalam rangka membangun teori. Menurut sunryo (1989:97) melalui model pembelajaran inquiey based learning, siswa akan “belajar nagaimana belajar”.

Model pembelajaran inquiry based learning pada dasarnya dimaksudkan untuk membantu peserta didik mengembangkan kemampuan intelektual melalui proses berfikir kritis dan menjadi orang yang secara bebas dapat memecahkan masalah sesuai kaidah-kaidah proses ilmiah.oleh karena tujuan yang demikian, maka dengan model pembelajaran inquiry based learning, guru bukan satu-satunya sumber belajar, melainkan lebih berperan sebagai fasilitator.melalui model pembelajaran inquiry based learning anak didik mampu mengembangkan sikap positif seperti memiliki sikap jujur, objektif, seksama, cermat, menumbuhkan rasa keingin tahuan, tekun, mau menerima saran dan kritik oranglain (Dahar,1996: 103).

Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan IPS di sekolah dasar yang tertuang dalam GBPP kurikulum sekolah dasar suplemen 1999 dan KBK IPS sekolah dasar tahun 2003, bahwa tujuan dari penggunaan model pembelajaran inquiry based learning adalah, sebagai berikut:

  1. Mengembangkan sikap, keterampilan, kepercayaan siswa dalam memecahkan masalah atau memutuskan sesuatu secara tepat
  2. Mengembangkan kemampuan berfikir siswa agar lebih tanggap, cermat dan nalar (kritis, analitis, dan logis)
  3. Membina dan mengembangkan sikap ingin tahu lebih jauh.

Sumber: https://urbanescapesusa.com/superheroes-car-racing-apk/