Tinjauan Umum Tentang Pasar Uang

Tinjauan Umum Tentang Pasar Uang

2.1.1  Pengertian Pasar Uang

Pasar uang adalah pertemuan antara permintaan akan uang (MD) dengan penawaran uang (MS) ataupun kegiatan bertemunya permintaan dan penawaran dana-dana berupa pusat-pusat berharga, yang mempunyai jangka waktu kurang dari satu tahun. Jadi, pasar uang merupakan mekanisme yang dirancang untuk mempertemukan pihak yang dimiliki surplus dana dengan pihak yang mengalami deficit MD adalah kebutuhan masyarakat akan uang tunai untuk menunjang kegiatan ekonominya. MS adalah jumlah uang yang disediakan oleh pemerintah dan bank-bank, yaitu seluruh uang Kartal dan uang Giral yang beredar. Di pasar uang, penawaran akan uang bertemu dengan permintaan akan uang, dan pertemuan tersebut merupakan penentu “harga/nilai” dari uang.

Menurut Keynes, harga uang adalah harga yang harus dibayar untuk penggunaan uang, yang tidak lain adalah tingkat bunga. Penawaran akan uang ditentukan oleh penguasa moneter, sehingga identik dengan jumlah uang yang beredar. Permintaan akan uang merupakan fokus/inti dari teori Keynes. Yaitu Keynes mengatakan seseorang memegang uang (atau meminta uang tunai) karena ia mempunyai tujuan-tujuan atau motif tertentu dalam menggunakan uang tersebut.

2.1.2        Motif Memegang atau Menggunakan Uang

2.1.2.1  Motif Transaksi

Motif transaksi timbul karena dalam perekonomian penggunaan uang untuk alat tukar menukar. Yaitu terdapat kebutuhan menyelesaikan transaksi-transaksi dengan menggunakan uang. Pada saat transaksi masih dilakukan dengan barter barang atau jasa maka tidak dibutuhkan alat likuid berupa uang.  Uang tunai yang digunakan masyarakat tergantung pada:

  1. volume transaksi
  2. tingkat harga umum.

Keynes berpendapat sama dengan teori klasik yaitu volume transaksi erat kaitannya dengan jumlah barang/jasa yang diproduksi, sehingga :

Md = k.P.Q

Dimana : k = konstanta.

P = harga.

Q = Volume transaksi

 

sumber :

https://poekickstarter.com/minecraft-apk/