TEX

TEX

TEX

TEX
TEX

TEX merupakan perangkat lunak pengolah dokumen yang terutama ditujukanmenghasilkan doku-men yang berisi simbol-simbol matematik. Perangkat lunak ini diciptakan oleh Donald E. Knuthpada bulan Mei 1977 sebagai bahasa pembentuk dokumen (document formatting language). Pa-da awalnya TEX diimplementasikan dengan menggunakan bahasa Pascal, namun implementasiyang banyak dipakai saat ini adalah TEX yang dituliskan dalambahasa C. Demikian juga perintah-perintah yang ada dalam implementasi TEX yang digunakan saat ini sudah jauh berbeda denganyang dirancang oleh Knuth pada tahun 1977. Penjelasan yang lebih lengkap mengenai TEX dapatditemukan di dalam buku yang dituliskan oleh Knuth sendiri .

Perangkat lunak TEX memiliki kemampuan yang baik untuk mengolah dokumen-dokumenyang berkualitas tinggi. Namun demikian, banyak pemakai yang memandang bahwa perintah-perintahnya sulit digunakan untuk menuliskan dokumen terstruktur yang terdiri dari unsur-unsur bab, sub-bab, paragraph, tabel dan gambar bernomor, dsb. Untuk mengatasi hal ini LeslieLamport menuliskan sejumlah perintah tambahan yang berjalan di atas TEX. Hasil penambahan perintah-perintah ini kemudian dikenal sebagai LATEX. rinci.

 Seringkali nama TEX dan LATEX diucapkan sebagai “teks” dan “lateks”. Pengucapan ini salah karena kata TEX sesungguhnya dibentuk dari tiga huruf Yunani  (dalam huruf besar: TEX).Kata lain yang memiliki akar kata yang sama adalah “technology”. Jadi pengucapan yang benaruntuk TEX dan LATEX adalah “tekh” dan “latekh”. Akar kata ini juga berarti “seni”. Dalampenulisan nama TEX atau LATEX, jika huruf ’E’ tidak mungkin dituliskan agak turun ke bawahatau huruf ’A’ tidak mungkin dituliskan agak naik ke atas, penulisan dilakukan sebagai TeX atau LaTeX.

LATEX yang diperkenalkan oleh Leslie Lamport dikenal sebagai L AT EX 2.09. Sampai saat ini LATEX sudah dan masih mengalami pengembangan. Versi LATEX yang sudah disempurnakan dandiperbaiki dan saat ini banyak dipakai adalah LATEX 2e1 dan sudah diperkenalkan pada Juni 1994.Versi LATEX 2e memiliki kelebihan dibandingkan dengan LATEX 2.09 dalam hal dukungannya ter-hadapwarna, font, dan grafik. Alasan lain dikeluarkannya LATEX 2e adalah juga karenamunculnya berbagai format LATEX yang tidak cocok satu sama lain seperti: SL iT EX, AMS-L AT EX, dan sebagainya.Dengan adanya LATEX 2e masyarakat pengguna LATEX memiliki sistem yang baku. Versi LATEX yangsudah baku ini memiliki beberapa kekuatan, diantaranya:

Sumber : https://airborn.co.id/steampunk-syndicate-apk/