SUMBER DAYA YANG TIDAK DAPAT DIPERBARUI

SUMBER DAYA YANG TIDAK DAPAT DIPERBARUI

SUMBER DAYA YANG TIDAK DAPAT DIPERBARUI

SUMBER DAYA YANG TIDAK DAPAT DIPERBARUI

Sumber daya yang tidak dapat diperbarui adalah sumber daya yang tidak dapat dengan mudah diganti begitu ia hancur. Contohnya bahan bakar fosil. Mineral juga termasuk yang tidak dapat diperbarui karena meskipun ia terbentuk secara alami dalam suatu proses yang disebut siklus batu, ia bisa memakan waktu ribuan tahun.

Beberapa hewan juga bisa dianggap tidak dapat diperbarui ketika reproduksi mereka tidak diperhatikan. Inilah sebabnya mengapa manusia harus melindungi sumber daya yang terancam punah.

Sumber daya yang tidak dapat diperbarui dan berasal dari benda mati dapat disebut sebagai sumber daya anorganik. Contohnya mineral, be-batuan, tanah, sedangkan yang berasal dari makhluk hidup seperti bahan bakar fosil disebut sumber daya organik.

Contoh sumber daya yang tidak dapat diperbarui:

BATU BARA

Batu bara adalah salah satu bahan bakar fosil yang paling banyak digunakan yang telah terbentuk lebih dari 300 juta tahun yang lalu di rawa-rawa yang tertutup oleh air. Batubara tidak dapat diperbarui bukan hanya karena proses pembuatannya yang memakan jutaan tahun, tetapi juga karena iklim di bumi benar-benar berbeda dari waktu ke waktu.

Menurut Word Coal Association, bumi masih memiliki cadangan batu bara untuk 150 tahun ke depan. Sumber-sumber lain menyebutkan 118 tahun atau bahkan kurang. Untuk memprediksi berapa banyak batu bara yang tersisa di dunia bukanlah tugas yang mudah karena banyak faktor yang perlu diperhitungkan. Salah satunya adalah peningkatan permintaan dari banyak negara yang pertumbuhannya pesat seperti China dan Amerika Serikat.

Pada akhirnya, manusia tidak dapat mengandalkan batubara lebih lama karena lama kelamaan endapan itu akan habis.

BAHAN BAKAR FOSIL/MINYAK

Salah satu sumber daya yang terkenal selain batubara adalah minyak. Minyak adalah bahan bakar fosil ciar yang terbuat dari fosil binatang ribuan tahun yang lalu. Ketika mengekstraksi minyak dari tanah, ia keluar dalam bentuk minyak mentah hitam. Minyak mentah kemudian diolah menjadi berbagai produk digunakan setiap hari seperti bensin dan solar.

Nasib minyak sama seperti batu bara. Mengingat bahwa Amerika Serikat saja menggunakan 19,7 juta barrel minyak perhari, jelas bahwa manusia menggunakan cadangan minyak jauh lebih cepat dibandingkan dengan seberapa cepat alam dapat memproduksi ulang.

ALUMINIUM

Aluminium adalah sumber utama untuk memenuhi banyak kebutuhan masyarakat. Dari kemasan hingga pembuatan bagian-bagian mobil atau kereta api. Meskipun aluminium adalah logam paling melimpah di bumi dan salah satu unsur paling umum di alam semesta, aluminium masih dianggap sebagai sumber daya yang tidak dapat diperbarui.


Sumber: https://mvagusta.co.id/badland-2-apk/