Struktur organisasi PBB

Struktur organisasi PBB

Konferensi San Francisco menghasilkan suatu piagam yang menyebutkan organ utama PBB, yaitu Majelis Umum (General Assembly), Dewan Keamanan (Security Council), Dewan Ekonomi dan Sosial (Economic and Social Council), Dewan Perwalian (Trusteeship Council), Mahkamah Internasional (International Court of Justice), dan Sekretaris Jenderal.

1) Majelis Umum

Majelis Umum adalah alat perlengkapan PBB tertinggi dengan sidang lengkap yang terdiri dari wakil-wakil semua negara anggota. Setiap anggota dapat menunjuk 5 orang wakil untuk hadir dalam sidang umum, tetapi hanya berhak mengeluarkan satu suara. Tiap bulan September diadakan sidang umum biasa oleh Majelis Umum. Sidang Umum mempunyai kekuasaan untuk mengatur organisasi dan administrasi PBB. Bahasa resmi yang digunakan dalam sidang umum terdiri dari bahasa Inggris, bahasa Prancis, bahasa Rusia, bahasa Spanyol, bahasa Arab, dan bahasa Cina.

Tugas dan kekuasaan Majelis Umum sangat luas, yaitu:

  1. a)berhubungan dengan perdamaian dan keamanan internasional,
  2. b)berhubungan dengan kerja sama ekonomi, kebudayaan, pendidikan, kesehatan, dan perikemanusiaan,
  3. c)berhubungan dengan perwakilan internasional termasuk daerah yang belum mempunyai pemerintahan sendiri yang bukan daerah strategis,
  4. d)berhubungan dengan keuangan,
  5. e)penetapan keanggotaan,
  6. f)mengadakan perubahan piagam,
  7. g)memilih anggota tidak tetap Dewan Keamanan, Dewan Ekonomi dan Sosial, Dewan Perwakilan, dan Hakim Mahkamah Internasional.

sumber :

https://dogetek.co/seva-mobil-bekas/