Strategi Pembelajaran dan Jenis di Sekolah

trategi Pembelajaran dan Jenis di Sekolah

Strategi Pembelajaran dan Jenis di Sekolah

trategi Pembelajaran dan Jenis di Sekolah
trategi Pembelajaran dan Jenis di Sekolah

Di setiap sekolah atau instansi pendidikan manapun

Keberhasilan suatu proses pembelajaran sangat ditentukan oleh strategi pembelajaran yang dipakainya. Oleh sebab itu, seluruh tenaga pengajar harus dapat memilih, menentukan, dan menerapkan strategi yang tepat agar pembelajaran dapat berlangsung efektif. Artikel ini akan membahas secara lengkap mengenai pengertian strategi pembelajaran, jenis-jenis, dan juga penerapannya dalam sekolah-sekolah di Indonesia.

Beberapa pakar pendidikan di Indonesia memiliki pendapat sendiri-sendiri mengenai definisi dari istilah strategi pembelajaran. Namun intinya, yang dimaksud dengan pengertian strategi pembelajaran adalah suatu rangkaian rencana yang akan digunakan untuk satu proses pembelajaran. Di dalamnya, termasuk juga metode, pemanfaat sumber daya, dan kekuatan.

Strategi pembelajaran ada berbagai macam.

Seiring perkembangan jaman, ada banyak strategi-strategi baru yang muncul. Ada juga yang hanya mengalami pergeseran. Namun yang pasti, strategi yang efektif di masa lalu belum tentu akan tetap efektif di masa depannya. Sebaliknya, strategi yang dulunya tidak efektif, bisa jadi berubah menjadi sangat efektif di masa kini. Untuk lebih memahami teori tersebut, berikut akan kami jelaskan mengenai beberapa contoh strategi pembelajaran yang umum digunakan di sekolah-sekolah di Indonesia.

Ceramah
Ceramah adalah strategi paling umum. Saat ini, sepertinya cara ini sudah tidak efektif lagi karena hanya akan menyebabkan rasa bosan pada siswa.

Demonstrasi
Pada awalnya, demonstrasi atau peragaan oleh guru cukup efektif untuk menarik perhatian dan konsentrasi murid. Namun, akhir – akhir ini, kemanjuran strategi ini terkalahkan oleh eksperimen.

Eksperimen
Dengan eksperimen, tentunya murid akan lebih tertarik dan terfokus ketimbang memperhatikan guru yang melakukan demonstrasi, walaupun pada dasarnya hal yang dilakukannya adalah sama.

Tugas
Dengan adanya tugas, siswa akan dirangsang untuk mengingat kembali pembelajaran yang sudah diterima sebelumnya. Ini cukup efektif untuk memastikan ilmu tersebut tetap ada di otak para siswa.

Proyek

Proyek adalah pengembangan dari tugas. Tugas dapat membuat siswa mengingat kembali ilmu yang telah dipelajarinya. Sementara, proyek dapat membantu siswa untuk memahami ilmu tersebut secara lebih mendalam dan aplikatif.

Karyawisata
Mempelajari suatu materi dengan melihat obyeknya secara langsung tentunya akan jauh lebih berkesan dibandingkan dengan mempelajarinya lewat buku dan gambar. Selain itu, karyawisata juga dapat menghindarkan siswa dari rasa bosan karena berada dalam ruangan yang sama secara terus menerus

Team Teaching

Team teaching adalah strategi pembelajaran yang terbaru dan sangat efektif. Pengertian strategi pembelajaran team teaching adalah proses dimana beberapa murid disatukan dalam satu kelompok dan tiap murid diwajibkan mengajarkan satu hal ke teman – teman dalam kelompoknya. Metode ini sangat manjur karena ketika seseorang bersiap – siap mengajarkan, dia otomatis akan berusaha menguasai materi itu terlebih dahulu. Selan itu, pembelajaran yang disampaikan oleh teman tentunya akan lebih mudah dipahami daripada yang disampaikan oleh orang yang lebih tua.

Sumber : https://www.dosenmatematika.co.id/