SIDANG ISI PIAGAM JAKARTA

SIDANG ISI PIAGAM JAKARTA

SIDANG ISI PIAGAM JAKARTA

SIDANG ISI PIAGAM JAKARTA

Memang dengan semua proses yang terjadi setelah menjelang dari berbagai kekalahan, yang mana akan diterima Jepang pada perang dunia ke-2, maka dalam hal ini juga pemerintah pendudukan Jepang juga menjanjikan akan memberikan kemerdekaannya pada 7 September 1944. Dalam hal ini, sebagai salah satu realisasi janji tersebut, maka akan dibentuk BPUPKI yang mana untuk memulai sidang pertamanya.

Dalam hal ini, sidang pertama yang akan di lakukan pada tanggal 29 Mei 1945 yang merupakan salah satu sidang pertama yang dibuat oleh BPUPKI, agar di lakukan dan juga pendapatnya juga dapat didengar tentang dasar Negara dan juga bentuk dari pemerintahan Indonesia sendiri. Dari banyaknya persidangan yang ada, dalam hal ini badan yang beranggotakan 62 orang memiliki beda pandangan.

Memang dalam hal ini 15 golongan yang beragama islam memang menginginkan, bahwa Indonesia akan berdasarkan dengan syariat islam dan juga 47 orang yang mana seorang nasionalis yang menginginkan bahwa Indonesia memiliki asas dan juga menggunakan asas berkebangsaan. Dalam hal ini adanya perbedaan pendapat, yang mana di kemukakan oleh Soepomo dalam pidatonya.

Soepmo sendiri akhirnya mengemukakan pendapat yang dimilikinyua, pada pidato yang di sampaikannya pada 31 Mei 1945 bahwasanya “memang disini terlihat terdapat dua paham, yang mana paham dari anggota-anggota ahli agama yang mana menganjurkan bahwa Indonesia agar diditrikan sebagai salah satu negara islam dan juga anjuran lain yang mana dianjurkan oleh Tuan Mohammad Hatta sebagai Negara nasional”.

Soepomo juga menambahkan bahwa Mohammad Hatta menginginkan bahwa Negara Indonesia merupaman Negara nasional yang memisahkan antara urusan Negara dan juga urusan agama yang bersangkutan. Hal ini juga merupakan kata lain dari bahwa Indonesia bukan Negara islam. Untuk dapat mengatasi hal ini, maka diadakan pula sidang kedua. Pada siang kedua ini dihadiri banyak orang.

Pada sidang kedua ini, dihadiri dengan 38 orang dari anggota yang mana melanjutkan untuk mengadakan pertemuan dan juga kesepakatan, untuk membentuk panitia kecil yang terdiri dari sembilan orang. Sembilan orang ini juga yang poada akhirnya dikenal sebagai panitia sembilan karena tugas yang di lakukannya.


Sumber: https://tiagorebelodeandrade.com/farmer-sim-apk/