SEJARAH BAHASA PEMROGRAMAN

SEJARAH BAHASA PEMROGRAMAN

SEJARAH BAHASA PEMROGRAMAN

SEJARAH BAHASA PEMROGRAMAN

1. SEBELUM TAHUN 1940

Bahasa pemrograman atau bahasa komputer muncul sebelum adanya komputer modern. Pada masa ini bahasa komputer muncul dalam wujud kode-kode atau disebut sebagai bahasa mesin. Bahasa mesin ini hanya bisa diinterpretasikan oleh komputer dalam wujud angka binary yaitu 0 dan 1. Angka 1 berarti sebuah tempat yang memiliki listrik. Sedangkan 0 adalah wadah yang tidak memiliki listrik.

2. PERIODE TAHUN 1940-AN

Pada tahun 1940an dibuat komputer listrik sederhana untuk pengembangan dan perbaikan dari program komputer. Dengan keterbatasan kecepatan komputer dan kapasitas memori kemudian tercipta bahasa assembly atau assembly language oleh programmer.

Bahasa assembly merupakan simbol dari bahasa mesin. Setiap kode memiliki simbol dalam bahasa assembly. Contohnya adalah “move” yang berarti pindah, “add” yang berarti menambahkan, “mul” yang berarti perkalian, “sub” yang berarti pengurangan, dan lain sebagainya. Tetapi pada kenyataannya bahasa assembly sulit untuk diimplementasikan.

Untuk pengembangan bahasa pemrograman, tahun 1948 Konrad Zuse mempublikasikan suatu bahasa buatannya yaitu Plankakul. Tetapi bahasa tersebut tidak digunakan pada masa ini dan terisolasi dari bahasa pemrograman lain. Berbagai bahasa yang muncul pada masa ini adalah Plankakul, ENIAC Coding System, dan C 10.

3. PERIODE TAHUN 1950-AN SAMPAI TAHUN 1960-AN

Pada tahun 1950 mulai dibuat bahasa pemrograman yang lebih modern. Bahasa ini digunakan sampai saat ini karena istilah penggunaannya yang dekat dengan bahasa manusia. Contoh bahasanya adalah “write” untuk menulis, “read” untuk membaca, dan lain sebagainya.

Dalam perkembangan bahasa ini juga berkembang metode perkembangan yaitu metode Procedural Programing dan Object Oriented Programing. Pada metode procedural programing, program dijalankan dengan menggunakan gabungan dari variabel, prosedur yang saling terkait dan berurut. Pada Object Oriented Programing seluruh perintah dijalankan berdasarkan pada obyek.

Bahasa yang berkembang pada masa ini cukup banyak. Di antaranya adalah Regional Assembly Language, Autocode, FORTRAN, FLOWMATIC, COMTRAN, LISP (List Processor), ALGOL, COBOL, APL, SIMULA, BASIC, dan PL/I.

4. PERIODE TAHUN 1960-AN SAMPAI DENGAN TAHUN 1970-AN

Pada periode ini bahasa pemrograman berkembang pesat. Periode ini membawa pengaruh besar pada bahasa yang digunakan saat ini. Contoh bahasa yang muncul adalah Simula, C, Smalltalk, Prolog, dan ML.

5. PERIODE TAHUN 1980-AN

Tahun 1980-an merupakan tahun konsolidasi relative. Pada masa ini lebih menekankan pada perkembangan masa sebelumnya dibandingkan dengan menemukan gagasan yang baru. C++ dikombinasikan dengan sistem program dan juga berorientasi pada obyek. Bahasa fungsional bergerak ke standarisasi dari ML dan Cedal.

6. PERIODE TAHUN 1990-AN

Era tahun 1990-an dikenal oleh programmer sebagai era yang paling produktif dalam bahasa pemrograman. Selain berorientasi pada obyek, pada masa ini bahasa pemrograman juga dikembangkan dengan berbasis pada visual. Hal ini memudahkan para programmer untuk membuat suatu aplikasi.

7. PERIODE TAHUN 2000-AN

Pada periode ini kemudahan berbasis visual sudah dibarengi dengan kemudahan berbasis internet dan mobile dengan munculnya web service berbasis internet dan mobile platform. Periode ini merupakan periode CMS (Content Managemen System) di mana pengembangan PHP script sangat cepat sehingga dalam membuat sebuah web sudah tersedia banyak template.


Sumber: https://mvagusta.co.id/ridge-racer-slipstream-apk/