Sejarah Asal Usul Sinterklas Alias Santa Claus di Berbagai Negara

Sejarah Asal Usul Sinterklas Alias Santa Claus di Berbagai Negara

Sejarah Asal Usul Sinterklas Alias Santa Claus di Berbagai Negara

Sejarah Asal Usul Sinterklas Alias Santa Claus di Berbagai Negara
Sejarah Asal Usul Sinterklas Alias Santa Claus di Berbagai Negara

Di negara Inggris dan Amerika

di kedua Father Christmas dikenal sebagai pemberi hadiah bagi anak-anak di hari natal. Di versi awal karakter ini, Father Christmas digambarkan sebagai bapak-bapak berjubah hijau yang menyebarkan kabar gembiraa, semangat, dan kegembiraan natal. Namun seiring berjalannya waktu, Father Christmas dilebur menjadi Santa Claus dan Sinterklas yang berperan sebagai pembawa hadiah bagi anak-anak di kala natal.

Jika di berbagai Negara tokoh yang membagikan hadiah digambarkan oleh lelaki tua berjanggut putih maka tidak demikian dengan di Negara Italia. Di negeri Pizza ini, tokoh yang membagikan hadiah disebut dengan tukang sihir Befana.

Befana digambarkan sebagai perempuan baik hati yang memberikan makanan dan tempat berlindung bagi tiga orang bijak yang sedang dalam perjalanan untuk mengunjungi bayi Yesus. Befana digambarkan menggunakan busana penyihir yang menunggangi sapu terbang dan biasanya mengenakan selendang hitam serta membawa tas berisi hadiah. Bagi anak-anak yang di anggapnya nakal, alih-alih meninggalkan hadiah, Befana akan “menghadiahi” batu bara bagi mereka.

Tak hanya ragam Sinterklas yang menarik perhatian. Ternyata, bagaimana cara anak-anak menyambut datangnya Sinterklas pun cukup unik dan menarik. Untuk menyambut hadirnya Sinterklas, anak-anak di Jerman ternyata menyiapkan surat dalam kemasan yang dianggap paling menarik perhatian dan dipasang di Jendela pada malam natal.

Di pagi hari, surat yang mereka letakkan sudah menghilang dan digantikan oleh hadiah yang terdapat di pohon natal. Amerika & Kanada, di kedua negara ini anak-anak meletakkan susu dan kue kering untuk menyambut kedatangan Sinterklas di amalam natal.

Disebabkan tugas Sinterklas yang begitu berat, menyebabkan hadiah bagi seluruh anak-anak di dunia maka segelas susu dan kue kering pastinya akan menyenangkan hati Sinterklas sehingga anak-anak itu patut untuk mendapatkan kado istimewa darinya.

Di Belanda

karena Sinterklas datang menggunakan kuda maka anak-anak menyuguhkan jerami dan air putih untuk memberi makan sang kuda. Sebagai balasan atas kepedulian anak-anak pada kuda sang Sinterklas maka mereka pun menerima beragam panganan manis semisal cokelat, jeruk mandarin, ataupun permen marzipan dari Sinterklas.

Nah, sekianlah informasi mengenai Sejarah Asal Usul Sinterklas Alias Santa Claus, semoga artikel diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan Sobat semua.

Baca juga artikel: