RENCANA OPERASIONAL

RENCANA OPERASIONAL

     Melakukan penyuluhan tentang cara pencegahan kusta

Hingga saat ini tidak ada vaksinasi untuk penyakit kusta. Dari hasil penelitian dibuktikan bahwa kuman kusta yang masih utuh bentuknya, lebih besarkemungkinan menimbulkan penularan dibandingkan dengan yang tidak utuh. Jadi faktor pengobatan adalah amat penting dimana kusta dapat dihancurkan, sehingga penularan dapat dicegah. Disini letak salah satu peranan penyuluhan kesehatan kepada penderita untuk menganjurkan kepada penderita untuk berobat secara teratur.

Pengobatan kepada penderita kusta adalah merupakan salah satu cara pemutusan mata rantai penularan. Kuman kusta diluar tubuh manusia dapat hidup 24 – 48 jam dan ada yang berpendapat sampai 7 hari, ini tergantung dari suhu dan cuaca diluar tubuh manusia tersebut. Makin panas cuaca makin cepatlah kuman kusta mati. Jadi dalam hal ini pentingnya sinar matahari masuk ke dalam rumah dan hindarkan terjadinya tempat-tempat yang lembab.

Ada beberapa obat yang dapat menyembuhkan penyakit kusta. tetapi kita tidak dapat menyembuhkan kasus-kasus kusta kecuali masyarakat mengetahui ada obat penyembuh kusta, dan mereka datang ke Puskesmas untuk diobati.

            Dengan demikian penting sekali agar petugas kusta memberikan penyuluhan kusta kepada setiap orang, materi penyuluhan kusta kepada setiap orang, materi penyuluhan berisikan pengajaran bahwa :

  1. Ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit kusta.
  2. Sekurang-kurangnya 80 % dari semua orang tidak mungkin terkena kusta.
  3. Enam dari tujuh kasus kusta tidaklah menular pada orang lain.
  4. Kasus-kasus menular tidak akan menular setelah diobati kira-kira 6 bulan secara teratur.
  5. Diagnosa dan pengobatan dini dapat mencegah sebagian besar cacat fisik.

PELAKSANAAN DAN PENGGERAKAN

  1. Pembentukan pantia penyuluhan oleh Staf puskesmas
  2. Usulan kegiatan penyuluhan oleh dinas kesehatan kabupaten
  3. Persiapan kegiatan oleh seluruh pihak
  4. Kegiatan penyuluhan oleh lintas program, lintas sector dan masyarakat

sumber :

https://nashatakram.net/layanan-otomotif-seva-id/