Raih Penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wiwerda

Raih Penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wiwerda

Raih Penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wiwerda

 

Raih Penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wiwerda

Pemerintah Kota

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor kembali menorehkan prestasi. Kali ini Kota Bogor meraih Penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wiwerda dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri. Penghargaan diterima langsung Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman di ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri, jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa (28/11/2017).

Capaian ini diumumkan setelah hampir satu tahun kedua kementerian tersebut dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat melakukan wawancara, verifikasi data dan lapangan ke beberapa lokasi, diantaranya jalan ramah lingkungan dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal di Sindangrasa, Kecamatan Bogor Timur.

Sejak dilaksanakan pada tahun 2007

Baru kali ini Kota Bogor meraih Penghargaan Swasti Saba Wiwerda atau Kota Sejahtera melalui 4 tatanan (Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri, Kawasan Permukiman dan Sarana Umum, Kehidupan Sosial yang Sehat dan Kawasan Pariwisata Sehat). Hal ini berkat sinergitas yang baik antara Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Forum Kota Sehat, Pelaku Usaha dan Masyarakat dengan semangat Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Kota Bogor.

Menurut peraturan

Menurut peraturan bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan tentang Kota Sehat yang menjadi dasar hukum pemberian penghargaan ini. Kota sehat adalah suatu kondisi kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintergrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah, dengan tujuan untuk meningkatkan sarana dan produktivitas serta ekonomi masyarakat dimana masyarakat sebagai penggerak utama.

Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman

Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman yang menerima penghargaan ini mengaku bersyukur karena Kota Bogor berhasil meraih 4 tatanan Kota Sehat yang selama 8 tahun terakhir hanya meraih 2 tatanan saja. “Upaya kesehatan merupakan kerja bersama semua pihak dengan memberdayakan masyarakat untuk mewujudkan Kota Bogor yang sehat,” katanya.

Yane Ardian Bima Arya

Sementara itu Yane Ardian Bima Arya selaku pengarah Forum Kota Sehat Kota Bogor mengaku bangga dengan capaian Kota Bogor yang memperoleh penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wiwerda melalui 4 tatanan.

Perjalanan menuju terwujudnya masyarakat sehat dan makmur yang menjadi misi pembangunan Kota Bogor 2015-2019 ini terasa sempurna dengan diraihnya penghargaan ini, sebagai pengakuan pemerintah pusat atas eksistensi kolaboratif masyarakat dan pemerintah daerah dalam bidang kesehatan.

Turut hadir mendampingi Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor Rubaeah, Kabid Sosial, Budaya dan Pemerintah Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor Rudiyana dan Ketua Forum Kota Sehat Kota Bogor Abdul Karim.

 

Sumber : https://pakdosen.co.id/