PROSES MANAJEMEN STRATEGI

PROSES MANAJEMEN STRATEGI

PROSES MANAJEMEN STRATEGI

PROSES MANAJEMEN STRATEGI

Seseorang yang baru saja merintis usaha ada baiknya harus memperhatikan dasar-dasar dalam berbisnis seperti perencanaan, dan menetapkan sasaran dengan strategi yang tepat sasaran. Penyusunan sebuah manajemen strategi sangat dibutuhkan dalam sebuah perusahaan. Dalam penerapannya, terdapat beberapa proses dan tahapan manajemen strategi, antara lain:

1. PERUMUSAN STRATEGI

Tahap awal dalam proses manajemen strategi adalah perumusan strategi yang mencakup visi, misi, pengidentifikasian peluang eksternal organisasi, ancaman, serte penentuan kekuatan dan kelemahan internal. Selain itu dalam tahap ini juga harus ditentukan penetapan tujuan dalam jangka Panjang, strategi alternatif, dan memilih strategi tertentu untuk pencapaian tujuan.

2. IMPLEMENTASI STRATEGI

Jika perumusan strategi sudah dilaksanakan, tahapan senjutnya yang harus dikerjakan adalah implementasi strategi. Pada tahapan ini perusahaan harus menentukan sasaran tahunan, memotivasi karyawan, membuat kebijakan, dan mengalokasikan sumber daya hingga perumusan strategi dapat dilaksanakan.
Implementasi strategi mencakup pengembangan budaya yang mendukung strategi, pengarahan kembali usaha-usaha pemasaran, penciptann struktur organisasi efektif, pengembangan dan pemanfaatan system informasi, serta menghubungkan kompensasi karyawan terhadap kinerja organisasi.

3. EVALUASI STRATEGI

Tahapan terakhir dalam proses manajemen strategi adala evaluasi strategi. Tahapan ini merupakan alat yang paling utama untuk perolehan informasi. Tahapan ini dilakukan dengan melakukan proses evaluasi strategi atau penilaian. Tujuan dari evaluasi strategi yakni untuk melihat faktor-faktor baik secara internal maupun eksternal perusahaan.

Terdapat tiga kegiatan utama dalam evaluasi strategi, yaitu yang pertama mengkaji ulang berbagai factor internal dan eksternal yang menjadi landasan perumusasn strategi yeng telah diterapkan. Kedua yaitu mengukur kinerja saat ini, dan yang ketiga melakukan upaya perbaikan terhadap kekurangan kinerja sebelumnya demi keberhasilan di masa yang akan datang.


Sumber: https://mayrhofen-harakiri.com/rom-toolbox-pro-apk/