PERANAN ALSINTAN DI DALAM PERLUASAN LAHAN

PERANAN ALSINTAN DI DALAM PERLUASAN LAHAN

PERANAN ALSINTAN DI DALAM PERLUASAN LAHAN

PERANAN ALSINTAN DI DALAM PERLUASAN LAHAN
PERANAN ALSINTAN DI DALAM PERLUASAN LAHAN

Penggunaan Alat dan Mesin Pertanian di maksudkan agar produktifitas tenaga dapat menjadi lebih meningkat, pekerjaan lebih mudah. efisiensi kapasitas kerja dapat lebih tinggi, pendapatan petani dapat bertambah dan juga dapat menekan biaya produksi. peranannya untuk intensifikasi pertanian sudah jelas dan dapat di rasakan  karena semakin banyak pekerjannya berarti semakin  ketat pula pengaturan waktu kerja, sehingga untuk memperoleh ketetapan waktu yang sebaik-baiknya alat dan mesin pertanian sangat besar manfaatnya yaitu di dalam satuan waktu yang sama (1tahun) dan di dalam area yang sama juga besar (1 hektar) maka kapasitas bercocok tanamanya dapat menjadi bertambah.

perluasan areal pertanian juga dapat diartikan sebagai perluasan areal panen maupun perluasan areal tanam di dalam suatu penanaman tanaman pangan  dapat menjadi gagal atau tidak dapat panen yang disebabkan oleh beberapa macam antara lain sebagai berikut : karena air yang tidak tersedia, tidak dapat di salurkan karena terdapat perbedaan tinggi permukaan tanah, atau diakibatkan oleh hama penyakit tanaman. Maka dengan adanya pompa pengairan air yang lebih rendah dapat dinaikkan, sehingga tanaman permukaannya lebih tinggi dapat terbantu pengairannya.

  1. PERANAN ALSINTAN DALAM PENGOLAHAN  TANAH

Dengan adanya perkembangan-Pengembangan Alat-alat dan mesin pertanian  maka beban kerja di bidang pertanian  dapat di kurangi sedangkan produktifitas kerjanya dapat berlipat ganda dan juga hasil panen dapat menjadi meningkat.

  1. BAJAK DAN PEMBAJAKAN DENGAN TRAKTOR  RODA 2

Agar dapat diterima dengan memuaskan oleh para petani, Kinerja pada traktor kecil dan bajaknya harus Iebih dari pada tenaga ternak, dan bajak tradisional yang merupakan alat yang telah biasa digunakan petani. Kerena itu mesin harus mampu membajak dengan sempurna, stabil, dinamik seimbang sempurna, dan harus bisa dioperasikan dengan lepas tangan atau stang kendali tidak perlu dipegang. Bajak yang digandengkan di belakang traktor roda-2 dapat dipisahkan smenjadi dua type: Eropa dan Jepang (Asia). Perbedaan bajak Eropa dan bajak Asia :Pada zaman tenaga pertanian menggunakan tenaga hewan, bajak Eropa digunakan untuk lahan kering, sedangkan bajak Asia dikembangkan untuk lahan sawah.

  1. PENGOLAHAN TANAH DENGAN TRAKTOR RODA 4

Untuk pengolahan tanah yang lahannya luas (perkebunan) digunakan traktor rod­a 4 yang terdiri dari traktor jenis rantai (untuk pengolahan tanah basah dan kering) dan jenis ban karet (untuk pengolahan tanah kering, pamanenan pemupukan penyemprotan  hama

Baca Artikel Lainnya: