PENGERTIAN KLEPTO

PENGERTIAN KLEPTO

PENGERTIAN KLEPTO/KLEPTOMANIA

PENGERTIAN KLEPTO

Kleptomania (bahasa Yunani: kleptein, “mencuri”, Mania, “mania“) adalah penyakit jiwa yang membuat penderitanya tidak bisa menahan diri untuk mencuri. Kleptomania merupakan suatu gangguan psychis (gangguan kejiwaan) yang disebabkan oleh pengalaman dan perilaku masa kecil yang mendalam dan banyak faktor yang membuat kebiasaan itu semakin tumbuh berkembang. Gangguan kejiwaan semacam ini bukan karena khayalan atau halusinasi, sehingga pengidap kleptomania juga bisa didiagnosa dan diobservasi dari kebiasaan dan kelakuan yang mereka lakukan ketika melihat barang atau sesuatu yang dimiliki orang.

Penyakit ini umum muncul pada masa puber dan ada sampai dewasa. Pada beberapa kasus, kleptomania diderita seumur hidup. Penderita juga mungkin memiliki kelainan jiwa lainnya, seperti kelainan

 emosi, Bulimia Nervosa, paranoidschizoid atau borderline personality disorder.

 

3.ANALISIS PENYEBAB KLEPTOMANIA

Para klepto melakukan pencurian kecil-kecilan bukan karena cemburu atau benci terhadap orang yang mempunyai barang tertentu tetapi hanya karena ada dorongan dari otaknya untuk melakukan pengambilan barang itu yang menjadi semacam tantangan untuk membuktikan pada dirinya bahwa dia bisa melakukan itu tanpa diketahui oleh orang yang punya.

Mengapa kleptomania bisa muncul?, Ini sebenarnya merupakan simptom, gangguan emosi. Orang mencontohkan ketika kita flu maka simptomnya berupa bersin. Kleptomania pun demikian. Ada dua hal yang mendasari gangguan ini. Pertama, adanya anomali pada neurotransmitter di otak. Kedua, adanya gangguan emosi karena tekanan yang tidak bisa diatasi oleh penderita. Tekanan ini tidak bisa dia olah sehingga menimbulkan tekanan jiwa.

https://promo-honda.id/truck-evolution-apk/