PENGERTIAN JURNAL PADA PERUSAHAAN JASA

PENGERTIAN JURNAL PADA PERUSAHAAN JASA

Perusahaan jasa adalah jenis perusahaan dengan aktivitas penghasil pendapatan utama berupa penyerahan jasa atau manfaat kepada pelanggan, nasabah, atau klien. Atau juga bisa diartikan sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa (keahlian). Contoh perusahaan jasa di antaranya adalah kantor jasa akuntansi (KJA) yang menyelenggarakan jasa pembukuan, kantor akuntan publik (KAP) yang menyelenggarakan jasa audit, lembaga pendidikan, hotel, restoran, bank dan institusi penyedia jasa keuangan lain, serta rumah sakit.

Dalam menghasilkan pendapatan, perusahaan jasa sangat mengandalkan keterampilan dan kompetensi sumber daya manusia, sehingga biaya untuk gaji, upah, atau honorarium biasanya menjadi pos beban operasi utama.

        Informasi berupa laporan keuangan dihasilkan melalui proses akuntansi yang panjang. Di mana pada proses tersebut terdapat tahap-tahap yang harus dipenuhi untuk mendapatkan hasil laporan yang baik, valid, dan akuntabel. Tahap-tahap itulah yang kemudian disebut sebagai siklus akuntansi. Pada dasarnya siklus akuntansi perusahaan meliputi 3 tahap, yaitu pencatatan, pengikhtisaran, dan pelaporan. Dalam tahap pencatatan terdapat proses mencatat dan membukukan  bukti transaksi ke dalam jurnal atau disebut proses menjurnal (journalizing).

JURNAL

          Jurnal  akuntansi adalah sebuah catatan yang tersusun secara sistematis dan berdasarkan kronologis dari transaksi-transaksi finansial yang jumlah dan keteranganya ringkas diantaranya waktu kejadian ,keterangan transaksi serta debet dan kredit. Dalam hal ini, artinya sumber pencatatan ke dalam jurnal adalah bukti, serta pencatatan transaksi dilakukan secara berurutan (kronologis) sesuai tanggal terjadinya transaksi. Sistematis artinya pencatatan yang dilakukan dengan mengikuti aturan mendebit dan mengkredit akun. Selain itu, setiap transaksi dicatat secara berpasangan ke dalam debit dan kredit (double entry accounting), dan jumlah debit dengan jumlah kredit harus sama/seimbang. Jurnal disebut juga “book of original entry” .

Sumber :

https://airborn.co.id/survei-penjualan-iphone-melonjak-40-persen-di-china/