Pengertian Filsafat

Pengertian Filsafat

Pengertian filsafat secara umum bisa diartikan sebagai suatu kebijaksanaan hidup (filosofia) untuk memberikan suatu pandangan hidup yang menyeluruh berdasarkan refleksi atas pengalaman hidup maupun pengalaman ilmiah.

Filsafat bisa juga diartikan sebagai ilmu yang berusaha mencari sebab yang sedalam-dalamnya bagi segala sesuatu berdasarkan pikiran atau rasio. Filsafat adalah pandangan hidup seseorang atau sekelompok orang yang merupakan konsep dasar mengenai kehidupan yang dicita-citakan.

Filsafat sendiri merupakan suatu ilmu pengetahuan karena memiliki logika, etika, dan estetika. Namun filsafat berbeda dari ilmu-ilmu pengetahuan kehidupan lainnya oleh karena memiliki obyek tersendiri yang sangat luas.

Filsafat juga merupakan studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan dijabarkan dalam konsep mendasar. Filsafat tidak didalami dengan melakukan eksperimen-eksperimen dan percobaan-percobaan, tetapi dengan mengutarakan masalah secara persis, mencari solusi untuk itu, memberikan argumentasi dan alasan yang tepat untuk solusi tertentu. Lihat video disini

 Pengertian Logika

logika berasal dari kata Yunani “logo”. Berbagai indera yang dimiliki oleh logo mungkin menunjukkan kesulitan yang harus dihadapi dalam mengkarakterisasi sifat dan ruang lingkup logika. Di antara terjemahan sebagian logo, ada “kalimat”, “wacana”, “alasan,” “aturan,” “rasio,” “akun” (terutama tentang makna ungkapan), “prinsip rasional” dan “Definisi”. Tidak seperti proliferasi makna ini, pokok bahasan logika telah dikatakan sebagai “hukum pemikiran”, “aturan penalaran yang benar”, “asas argumentasi yang benar”, “penggunaan kata-kata tertentu berlabel ‘konstanta logis’, “” kebenaran (proposisi sejati) hanya didasarkan pada makna istilah yang dikandungnya “dan sebagainya.

Sebagai sebuah ilmu, logika disebut dengan logike episteme (bahasa Latin: logica scientia) atau ilmu logika (ilmu pengetahuan) yang mempelajari kecakapan untuk berpikir secara lurus, tepat, dan teratur.

Ø  Pengertian Logika Menurut Para Ahli

Para ahli telah mendefinisikan beberapa pengertian logika diantaranya :

  • Aristoteles

Pengertian logika adalah ajaran tentang berpikir yang secara ilmiah membicarakan bentuk pikiran itu sendiri dan hukum-hukum yang menguasai pikiran.

  • W. Poespoprodjo, Ek. T. Gilarso. (2006: 13)

Logika merupakan ilmu dan kecakapan menalar, berpikir dengan tepat.

Jan Hendrik Rapar (1996 : 5)

Logika adalah suatau pertimbangan akal atau pikiran yang diatur lewat kata dan dinyatakan dalam bahasa.

  • Soekadijo, (1983-1994: 3)

Pengertian Logika menurut Soekadijo adalah suatu metode atau teknik yang diciptakan untuk meneliti ketepatan nenalar.

  • William Alston

Pengertian logika adalah studi tentang penyimpulan, secara lebih ceramat usaha untuk mennetapkan ukuran-ukuran guna memisahkan penyimpulan yang sah dan tidak sah.

 

sumber :