Pengertian Disiplin

Pengertian Disiplin

Pengertian Disiplin

Pengertian Disiplin
Pengertian Disiplin

Pengertian disiplin

Disiplin adalah hal yang sudah sering kita dengar di masyarakat dan di berbagai lembaga baik itu negeri maupun swasta. Istilah disiplin biasanya di kaitkan dengan beberapa hal seperti disiplin diri, disiplin kerja, termasuk disiplin belajar. Untuk lebih memahami tentang pengertian disiplin di bawah akan di uraikan tentang pengertian disiplin

 

Disiplin adalah

upaya mengendalikan diri dan sikap mental individu atau masyarakat dalam mengembangkan kepatuhan dan ketaatan terhadap peraturan dan tata tertib berdasarkan dorongan dan kesadaran yang muncul dari dalam hatinya (Maman Rahman, 1999)


Ahli lain berpendapat bahwa Disiplin adalah

suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan atau ketertiban. Nilai-nilai tersebut telah menjadi bagian perilaku dalam kehidupannya. Perilaku itu tercipta melalui proses binaan melalui keluarga, pendidikan dan pengalaman (Soegeng Prijodarminto, 1994)

 

Dari pendapat di atas dapat di jelaskan bahwa disiplin adalah

suatu sikap mental yang di miliki oleh individu terhadap kepatuhan, kesetiaan  terhadap tata tertib, norma dan nilai-nilai  yang berlaku. Disiplin akan tumbuh dan dapat dibina melalui latihan, pendidikan atau penanaman kebiasaan dengan keteladanan-keteladanan tertentu, yang harus dimulai sejak ada dalam lingkungan keluarga, mulai pada masa kanak-kanak dan terus tumbuh berkembang dan menjadikannya

bentuk disiplin yang semakin kuat. Disiplin yang dimaksud dalam penelitian ini adalah disiplin belajar di sekolah dan di rumah.

Sumber : http://bkpsdm.pringsewukab.go.id/blog/isi-teks-proklamasi/