PENGENALAN DASAR ETIKA PROFESI

PENGENALAN DASAR ETIKA PROFESI

PENGENALAN DASAR ETIKA PROFESI

PENGENALAN DASAR ETIKA PROFESI
PENGENALAN DASAR ETIKA PROFESI

Suatu profesi pasti memiliki suatu peraturan

peraturan yang tidak boleh dilanggar atau dilewati dalam pelaksanaannya oleh pelaku profesi tersebut , maka untuk menjaga agar suatu profesi dapat berjalan sesuai harapan dan dapat berguna dan berjalan sebagaimana mestinya , maka suatu Etika Profesi terbentuk.

Etika merupakan suatu pembatasan tindakan atau perilaku setiap individu dalam melaksanakan kegiatan seperti kemasyarakatan,kependidikan,rumah tangga ataupun dalam kepentingan tulisan yaitu etika dalam menjalankan suatu profesi yang kita tekunin.

 

Sedangkan profesi merupakan

suatu kegiatan ataupun dalam hal ini bisa dikatakan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan mengetahui dasar-dasar norma profesi yang dijalankannya.

Dalam pelaksanaannya etika profesi di kelompokkan sesuai dengan kepentingan baik atau buruknya perilaku suatu pelaku profesi :

Etika Deskriptif

Etika yang berusaha meneropong secara kritis dan rasional sikap dan prilaku manusia dan apa yang dikejar oleh manusia dalam hidup ini sebagai sesuatu yang bernilai. Etika deskriptif memberikan fakta sebagai dasar untuk mengambil keputusan tentang prilaku atau sikap yang mau diambil.

 

Etika Normatif

Etika yang berusaha menetapkan berbagai sikap dan pola prilaku ideal yang seharusnya dimiliki oleh manusia dalam hidup ini sebagai sesuatu yang  bernilai. Etika normatif memberi penilaian sekaligus memberi norma sebagai dasar dan kerangka tindakan yang akan diputuskan.

Dalam suatu keputusan rincian-rincian dalam isi dari etika suatu profesi biasanya dilakukan musyawarah ataupun rapat kerja yang menghasilkan butiran-butiran isi dari etika profesi yang dilakukan biasanya oleh kelompok-kelompok individu sesuai dengan bidang keahliaanya.

Dalam zaman globalisasi saat ini diharapkan para pelaku profesi lebih mementingkan etika profesi agar tidak merusak nama baik dari profesi tersebut agar tidak ada yang merasakan dirugikan .

Sekian tulisan yang saya buat , segala banyak kekurangan dalam tulisan saya ini mohon dimaklumi , karena kesempurnaan hanya milik Tuhan Yang Maha Esa.

Baca Juga :