PENGARUH KEBUDAYAAN INDONESIA MENGHASILKAN MASYARAKAT MULTIKULTURAL

PENGARUH KEBUDAYAAN INDONESIA MENGHASILKAN MASYARAKAT MULTIKULTURAL

PENGARUH KEBUDAYAAN INDONESIA MENGHASILKAN MASYARAKAT MULTIKULTURAL

PENGARUH KEBUDAYAAN INDONESIA MENGHASILKAN MASYARAKAT MULTIKULTURAL

Kata Masyarakat Multikultural terdiri atas tiga kata utama yaitu “Masyarakat”, “Multi”, dan “Kultural”. Tiap tiap kata mempunyai makna tersendiri dan disusun menjadi satu kalimat yang mempunyai makna tersendiri pula. Masyarakat mempunyai arti kumpulan manusia yang hidup di dalam satu kesatuan yang berinteraksi berdasarkan sistem adat istiadat daerah tertentu.

Multi mempunyai makna banyak atau beragam. Sedangkan kultur mempunyai makna Budaya. Jadi dapat di artikan Masyarakat Multikultural adalah masyarakat yang hidup didalam suatu wilayah kebudayaan yang berbeda. Biasanya mereka menganut paham multikulturalisme, yang berarti sebuah anggapan bahwa setiap budaya mempunyai derajat kedudukan yang sama dengan kelebihannya tersendiri.

1. CIRI MASYARAKAT MULTIKULTURAL

Ada beberapa ciri cir umum masyarakat Multikultural antara lain sebagai berikut :

A. KONSENSUS YANG RENDAH

konsensus berarti keputusan yang didapat berdasarkan kesepakatan yang bersama. Hal ini memang diperlukan sebab masyarakat multikultural mempunyai banyak latar belakang yang berbeda dan perbedaan lainnya.

Sehingga jika ingin mendapatkan kesepakatan bersama perlu dilakukan musyawarah. Sebab terdiri dari berbagai perbedaan itu, kerap kali, sulit untuk mencapai kesepakatan tersebut. Oleh sebab itu, sulit untuk membuat keputusan mufakat bersama.

B. SEGMENTASI

Segmentasi memiliki arti bahwa terdiri dari berbagai macam perbedaan, sehingga terkadang kita temukan pemisah atau sekat di berbagai perbedaan yang ada di masyarakat. Dalam konteks masyarakat multikultural kerap mempunyai ciri terbagi menjadi pihak yang berpengaruh besar dan dipengaruhi.

C. INTEGRASI SOSIAL

integrasi adalah sistem pembaruan yang bertujuan mencapai suatu kesatuan yang utuh. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, karena mempunyai banyak perbedaan maka kesepakatan akan sulit digapai. Oleh sebab itu sifat integrasi sosial bisa dipaksakan guna mencapai keselarasan.

Selain ketiga ciri di atas, masyarakat multikultural kerap juga mengalami konflik SARA. Tidak cuma itu, proses integrasi juga condong bergerak lamban. Struktur lembaga yang ada juga mempunyai persatuan lembaga sosial yang terpisah oleh segmen-segmen tertentu.

2. FAKTOR PENYEBAB TIMBULNYA MASYARAKAT MULTIKULTURAL

Beberapa faktor yang menyebabkan masyarakat multikultural tidak jauh beda dengan penyebab keanekaragaman yang ada pada bangsa Indonesia. Mulai dari pengaruh budaya asing, letak geografis, keanekaragaman ras, agama, iklim dan hal lainya yang memicu penyebab keanekaragaman budaya Indonesia.

3. KLASIFIKASI MASYARAKAT MULTIKULTURAL

Beberapa jenis masyarakat multikultural dapat di kelompokan antar lain sebagai berikut :

a. Berdasar Kekuatannya. Dilihat dari kekuatannya, masyarakat multikultural terbagi menjadi masyarakat dengan komposisi seimbang, mayoritas dominan, minoritas dominan, dan fragmentasi.

b. Berdasar Kecenderungan Perkembangan serta Pengaplikasian, Multikulturalisme Dibedakan menjadi Multikulturalisme Isolasionis, Akomodatif, Otonomis, Kosmopolitan, dan juga Multikulturalisme Kritikal atau Interaktif.

4. DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF PERBEDAAN KEBUDAYAAN INDONESIA

Tentu perbedaan budaya serta latar belakang akan menimbulkan dampak positif dan negatif. Dampak positif dari keragaman tersebut antara lain :

a. Timbulnya sikap toleransi
b. Memberikan ikatan kuat dengan menerima perbedaan masing-masing
c. Masyarakat lebih terbuka menjalin hubungan sosial
d. Saling berbagi pengetahuan dan pengalaman

Selain mempunyai dampak positif, terdapat juga beberapa dampak negatif, antara lain :

a. Terdapat politik yang memanfaatkan suatu kelompok dan mementingkan golongan tertentu
b. Munculnya sikap etnosentrisme yang dapat merendahkan kelompok lain
c. Terkadang muncul sikap fanatik terhadap golongan tertentu

Setelah membaca mengenai keragaman budaya Indonesia, tentunya Anda sekarang lebih memahami berbagai keragaman budaya Indonesia secara lebih mendalam. Selain itu, pengetahuan Anda tentunya semakin bertambah.


Baca Juga :