Pendapatan nasional adalah Y,dan

 Pendapatan nasional adalah Y,dan

  1. b)Pada pendapatan nasional tersebut,ekonomi mencapai kapasitas penuh

Misalkan jumlah barang modal pada keseimbangan ini adalah Ko. Seterusnya teori Harrod-domar menerangkan bahwa investasi yang dilakukan pada tahun tersebut (2002) akan menyebabkan jumlah barang modal bertambah pada tahun berikutnya 2003,yaitu jumlah barang modal menjadi K= Ko + I,dimana Kadalah jumlah barang modal pada tahun 2003.

Agar semua barang modal sepenuhnya digunakan,pengeluaran agregat pada tahun itu harus mencapai AE= C + I = ΔI. Dengan pengeluaran agregat ini pendapatan nasional adalah Yk1  dan nilai ini sama dengan kapasitas barang modal sebanyak Kuntuk menghasilkan pendapatan nasional. Dengan demikian kapasitas penuh tercapai kembali.

Analisis ini menunjukan bahwa dalam ekonomi dua sektor investasi harus terus mengalami kenaikan agar perekonomian tersebut mengalami pertumbuhan yang berkepanjangan. Pertambahan investasi tersebut diperlukan untuk meningkatkan pengeluaran agregat. Dalam contoh diatas,pada tahun 2002 investasi adalah sebesar 1 dan pada tahun 2003 investasi perlu meningkat menjadi (I = ΔI).

baa jgua :

Pos-pos Terbaru