PENANGGULANGAN KLEPTO MANIA

PENANGGULANGAN KLEPTO MANIA

Kita kadang bingung bagaimana cara mengadili orang yang mengidap gangguan ini karena kleptomania adalah penyakit yang tanpa disadari oleh pelakunya merugikan orang lain (di sini perlu adanya psikolog atau psikiater atau kriminolog). Di Indonesia, kalau seorang penderita kleptomania ketahuan, belum ada UU yang khusus yang membahasnya, Oleh karena itu, kita tidak bisa menyalahkan sepenuhnya bila misalnya ada kejadian-kejadian yang sangat sadis dan berlebihan dalam menangani masalah pencurian yang sangat sepele di lingkungan tempat tinggal, di toko-toko atau di jalan tanpa diketahui dulu historikal pencurinya. dan masih dianggap kriminal biasa, padahal seharusnya dibedakan.

            Berdasarkan pemahaman bahwa gangguan ini disebabkan karena ketika masa muda mereka kurang perhatian dan banyak menghadapi masalah, tekanan jiwa, atau karena kecelakaan .banyak spikiater mencoba memberikan obat anti-sedih. Namun banyak yang menyembuhkan penderita dengan melakukan pendekatan psikoterapi dengan cara memperbaiki perilaku atau mengubah cara pemahaman penderita mengenai dirinya.Sebenarnya kleptomania bias di obati obat-obatan yang biasa digunakan untukmengobati penyakit obsesif-kompulsif, anti depresi seperti PROZAC, PAXI atauZOLOFF.Penyembuhan dengan pendekatan psikoterapi dengan orientasi pemahaman memerlukan waktu panjang bisa 2-3 thun. Ada baiknya dilakukan pendekatan untuk mengenal dirinya melalui meditasi. Dengan meditasi, penderita diajar untuk memusatkan pikirannya. Bila ia bisa melakukanpemusatan pikiran dan kemudian ia bisa tidur nyenyak, maka keseimbangan yang diperoleh ini akan meningkatkan fungsi sistem yang ada dalam tubuhnya. Sistem saraf otonom, sistem daya tahan tubuh dan sistem hormonal akan bekerja bersama-sama dalam keadaan seimbang  yang mempengaruhi system neurotransmiter. Keseimbangan neurotransmiter ini akan meningkatkan kesadaran yang menyebabkan adanya pemahaman diri. Jika dengan dirinya sendiri ia belum mampu untuk memahami dirinya dan mengontrol dirinya, maka anak perlu ditangani oleh psikiater untuk mendapatkan psikoterapi meditasi sehingga proses pemahaman bisa diperoleh lebih cepat. 

Jika permasalahannya lebih banyak disebabkan oleh masa kecil yang tidakterpuaskan, maka memperbaiki trauma masa lampau sangat membantu  untuk memahami dirinya. Ia akan dibawa untuk merasakan apa yang terjadi waktukanak-kanak dan menyelesaikan permasalahannya itu.

kita juga bisa mencoba membantu dia untuk melengkapi ketahanan mentalnya. Penderita juga akan diarahkan pada kegiatan yang produktif agar dia bisa mengalihkan stres, kecemasan, dan energi negatifnya. Atau diajarkan relaksasi hingga meningkatkan spiritualitasnya. Di samping terapi psikologi dan terapi medis, penderita kleptomania juga dianjurkan menjalani terapi keluarga. Supaya lingkungan dalam hal ini anggota keluarga mengerti bahwa kleptomania bukanlah kehendak dia. Dengan demikian, keluarga bisa diajak bekerjasama untuk menciptakan suasana kondusif bagi pasien untuk sembuh. karena sangat berat bagi penderita kleptomania jika ia mendapati dirinya dilecehkan. Sementara menghadapi penderita kleptomania cenderung melelahkan karena mereka memiliki ketidakstabilan mood. Lebih jauh harus ditelaah kembali penyebabnya. Apakah semata-mata masalah di otak atau karena ada gangguan emosi.

https://promo-honda.id/mplayer-pro-apk/