Pelantikan Duta Pelajar Sadar Hukum dan HAM Jawa Barat

Pelantikan Duta Pelajar Sadar Hukum dan HAM Jawa Barat

Pelantikan Duta Pelajar Sadar Hukum dan HAM Jawa Barat

Pelantikan Duta Pelajar Sadar Hukum dan HAM Jawa Barat
Pelantikan Duta Pelajar Sadar Hukum dan HAM Jawa Barat

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly melantik pengurus Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM Jawa Barat

, sekaligus menobatkan Duta Pelajar Sadar Hukum dan HAM Jawa Barat tahun 2018. Pelantikan ini digelar di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis, 26 November 2018.

Yasonna mengatakan setiap negara maju memiliki kesadaran hukum yang tinggi. Tidak ada negara maju yang tidak tertib hukumnya. Seperti Negara Singapura dan Negara RRC yang maju karena kesadaran hukum dan penegakan hukumnya tinggi. Salah satu upaya yang dilakukan saat ini adalah menobatkan Duta Pelajar Sadar Hukum dan HAM Jawa Barat.

“Supaya terus bekerja mengajak anak-anak siswa yang lainnya untuk bekerja bersama-sama meningkatkan kesadaran hukum masyarakat, kita sulit membangun kesadaran hukum kalau tidak dimulai dari masyarakat, maka anak muda harus memulainya, selamat untuk bekerja,” ujar Yasonna.

Yasonna mengatakan juga sangat mengapresiasi forum ini. Ia berpesan pada seluruh

pengurus dapat menyebarkan virus positif untuk mengajak pelajar lain agar menghindari kenakalan remaja. Seperti tawuran antar pelajar, bulliying, dan terjerumus di dunia narkotika.

Hadir pula Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, Ibnu Chuldun. Emil sapaan akrab Ridwan Kamil mengatakan akan memfasilitasi kegiatan Forum Pelajar Sadar Hukum dan akan menjadikan gerakan masal. Ia akan  mewajibkan setiap daerah di Jawa Barat untuk membentuk forum ini. Hal tersebut dibutuhkan karena mampu merangkul generasi muda agar sadar hukum.

Ketua Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM Jawa Barat yang dikukuhkan adalah Nandi,

menobatkan Ihsan Maulana dari SMAN 2 Purwakarta, Lita Fatimah dari MAN 2 Kota Sukabumi, dan Dinda Salsabila SMAN 27 Bandung.

Kasi Perencanaan dan Evaluasi Balai Tikomdik Disdik Jabar, Abur Mustikawanto mengatakan setiap siswa harus tahu bagaimana bertingkah laku sesuai dengan norma yang ada di masyarakat. Ia mengharapkan siswa menjadi Duta Pelajar Sadar Hukum dan HAM Jawa Barat harus bisa memberi contoh kepada siswa lainnya.

“Mudah-mudahan siswa yang menjadi Duta ini, betul betul bisa menjadi suritauladan bagi teman-teman yang lain,” ujar Abur saat ditemui di Kantor Dinas Pendidikan Jawa Barat, Jalan Radjiman, Kota Bandung, Jumat, 26 Oktober 2018.

Selain itu penghargaan juga diberikan kepada 147 desa dan kelurahan, terdiri dari 120 desa dan 27 kelurahan di Jawa Barat sebagai desa sadar hukum. Tahun 2018 total sudah 2.482 desa dan kelurahan sadar hukum yang telah di tetapkan dan ini merupakan jumlah terbanyak dibanding provinsi lainnya.***

 

Baca Juga :