Pantangan disaat kenari mabung yang perlu kita tahu

Pantangan disaat kenari mabung yang perlu kita tahu

Fase/siklus mabung adalah siklus dimana burung kenari mengalami perontokan bulu, dimana pada saat-saat tersebut burung kenari akan lebih banyak berdiam dibandingkan dengan beraktifitas. Karena burung kenari tersebut sedikit mengalami rasa sakit akibat pertumbuhan bulu yang baru tersebut. Banyak hal-hal yang harus diperhatikan supaya kenri tersebut segera menghakhiri proses mabungnya, banyak pula pantangan yang harus dihindari ketika burung kenari tersebut sedang dalam kondisi mabung, Apa saja pantangan yaang harus kita hindari saat kenari mabung??

1. Jangan memandikan kenari

Memandikan burung kenari merupakan hal yang positif untuk merwat bulu maupun untuk kebersihan kulit dan supaya terhindar dari kutu burung. Namun beda cerita jika burung kenari tersebut sedang dalam kondisi perontokan bulu/mabung, pada saat mabung sebisa mungkin hindarilah aktifitas memandikan burung kenari tersebut. Hal ini dikarenakan burung tersebut sedang dalam kondisi yang tidak prima, oleh karena itu burung kenari akan merasakan kedinginan apabila kita mandikan.

Namun jika disaat kenari tersebut sedang mabung, dan diketahui ada kutu burung di kulit/bulu barunya, maka memandikan boleh kita lakukan asalkan tidak terlalu sering. Paling tidak seminggu sekali itu sudah cukup, dan pastikan dalam memandikan tersebut kutu burung yang menempel bisa hilang.
2. Jangan menjemur kenari

Penjemuran juga harus dihindari ketika burung kenari sedang mabung, karena proses mabung membutuhkan kelembapan untuk mempercepat pertumbuhan bulu barunya, selain itu burung yang sedang dalam kondisi mabung akan terasa lebih panas apabila kita jemur terlalu lama. Dan jika diperlukan, misalkan kenari tersebut kedinginan karena cuaca maka penjemuran dapat kita lakukan asalkan tidak terlalu lama dan tidak boleh terlalu sering, setidaknya 3 hari sekali.

3. Jangan terlalu sering memegang kenari

Meskipun burung kenari yang sedang mabung tersebut adalah burung kesayangan yang sering kali kita pegang-pegang setiap hari namun disaat mabung kegiatan tersebut harus kita hentikan terlebih dahulu, apalagi diwaktu tumbuh bulu jarumnya. Kenari akan merasakan lebih sakit bila kita pegang-pegang.

4. Jangan didengarkan suara burung lain

Ketika kenari mabung sering berdiam diri dan tidak banyak melakukan aktifitas seperti biasa, sebenarnya saat-saat itulah yang paling baik untuk dilakukan proses pemasteran. Namun jika anda menginginkan kenari yang anda pelihara tersebut agar segera tuntas proses mabungnya lebih baik jangan melakukan hal tersebut

5. Jangan terus mengkrodong burung kenari

Bnyak yang bernggapan bahwa ketika siklus mabung tiba maka mengkrodong burung kenari harus selalu dilakukan supaya burung tersebut tidak melihat burung lain atau betina lain dan supaya lebih fokus untuk menumbuhkan bulunya. Sebenarnya anggapan tersebut menurut saya pribadi kurang tepat. Memang benar saat mabung mengkrodong burung keenari perlu dilakukan, namun tidak boleh selalu mengkrodongnya.Jika disiang hari pengkrodongan boleh kita kita lakukan paling tidak 1 – 3 jam saja, sisa waktu tersebut untuk mengangin-anginkanya saja. Jika dimalam hari barulah kita kerodong secara full supaya suhu udara didalam sangkar tetap terjaga. Jika tidak menginginkan kenari mendengar atau melihat betina atau lawan jenisnya maka tempatkanlah sangkar tersebut jauh dari kenari lain.

Sumber: https://carbomark.org/