NAMA CANDI BOROBUDUR

NAMA CANDI BOROBUDUR

NAMA CANDI BOROBUDUR

NAMA CANDI BOROBUDUR

Selain perihal asal-usulnya

nama Candi Borobudur juga memiliki banyak teka-teki. Banyak teori perihal arti dan asal usul pemberian nama tersebut. Nama Borobudur pertama kali ditemukan dalam buku catatan Raffles yang berjudul Sejarah Pulau Jawa. Dalam buku tersebut, Raflles menulis sebuah monumen bernama Borobudur.

Selain dari catatan Raffles kabarnya ada dokumen lain yang lebih tua juga menuliskan nama yang sama persis. Sementara itu naskah jawa kuno yang menunjukkan petunjuk mengenai bangunan suci Buddha yang kemungkinan merupakan Candi Borbudur adalah Nagarakretagama yang dahulu ditulis oleh Mpu Prapanca di tahun 1365 Masehi.

Selain asal-usul, arti nama Borobudur pun juga diperdebatkan. Banyak yang menyatakan jika Borobudur berasal dari Bore dan Budur karena saat itu desa terdekat bernama Bore dan Budur merujuk pada Buda yang berarti purba. Itulah yang kemungkinan membuat Raffles memberi nama Borobudur pada candi temuannya tersebut.

Namun ada teori lain yang menyatakan jika arti Borobudur berasal dari kata Sambharabhudhara yang berarti gunung. Adapula teori mitologi yang menyatakan kata Borobudur berasal dari ucapan “Para Buddha” dan masih banyak lagi teori lainnya. Dari semua teori tersebut tak ada yang benar-benar terbukti kebenarannya sehingga asal-usul nama Borobudur dan artinya kini masih menjadi sebuah teka-teki.


Sumber: https://www.twittsev.com/2020/04/24/carnivores-apk/