Metodologi Penilaian

Metodologi Penilaian

Metodologi yang digunakan sebagai acuan penilaian webometric adalah dengan mengumpulkan data setiap 6 bulan sekali antara tanggal 1 dan 20 di bulan januari atau juli, pada setiap edisinya. Setiap variable diperoleh setidaknya dua kali selama periode tersebut dan nilai maksimum dipilih untuk mengurangi kesalahan. Penilaian webometric hanya menekankan pada publikasi secara elektronik melalui website baik dari segi kulitas maupun kuantitas.

Ada 4 penilaian indikator yang dipakai oleh webometric, yaitu :

  1. Size (S).

Jumlah halaman yang terindex dari empat mesin pencarian utama yaitu dari google, yahoo, live search dan exaled.

  1. Visibility (V).

Jumlah keseluruhan tautan eksternal yang unik dan terdeteksi oleh goolge search, yahoo search, live search dan exalead.

  1. Rich Files (R).

Dari sekian banyak file yang terdeteksi maka dipilah file yang memiliki tingkat relevansi tehadapa aktivitas akademik dan pulbikasi ilmiah, dalam bentuk file : Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps), Microsoft Word (.doc)

https://swatproject.org/my-emma-apk/