Metodologi Penilaian

Metodologi Penilaian

Ada kebijakan khusus yang dilakukan oleh 4ICU di dalam melaksanakan penilaian pada perguruan tinggi di seluruh dunia. Kebijakan tersebut dilakukan mengingat yang dinilai oleh 4ICU adalah kepopuleran alamat situs resmi milik perguruan tinggi, sehingga 4ICU tidak memberitahukan cara penilaian yang dilakukannya guna menghindari kecurangan yang dilakukan webmaster perguruan tinggi dalam meningkatkan peringkat perguruan tinggi masing-masing.

Metode yang dilakukan lebih kepada kinerja perguruan tinggi di dunia internet. Namun walaupun begitu, 4ICU tetap memberikan parameter acuan dalam melakukan penilaiannya, yaitu berdasarkan :

–  Google Page Rank

–  Alexa Traffic Rank

–  Majestic SEO (Referring Domain, Citation Flow, Citation Trust)

Langkah-langkah penilaiannya adalah sebagai berikut  :

  1. Pengumpulan data metric dilakukan dalam hari yang sama untuk menghindari perubahan data yang tidak tentu serta memaksimalkan perbandingan data.
  1. Penggunaan filter untuk mengidentifikasi keberadaan data yang nilainya sangat jauh dari data lain yang ada (data outliers).
  1. Review data dari Alexa Traffic Rank, untuk menyeleksi perguruan tinggi yang masih menggunakan subdomain sebagai halaman utama yang resmi.
  1. Data webmetric kemudian dinormalisasikan pada skala 0 – 100 dengan mempertimbangkan perhitungan logaritma alami dari Google Page Rank dan Alexa Traffic Rank, serta hasil normalisasi dari data Majestic SEO.
  1. Nilai normalisasi dari ketiga data tersebut digabungkan dan kemudian di rata-rata untuk menghasilkan nilai akhir dan peringkat perguruan tinggi.

https://swatproject.org/battery-monitor-widget-pro-apk/