Masterplan kampus

Masterplan kampus

Perencanaan kampus terpadu telah menjadi topik debat publik bagi mahasiswa di beberapa pemerhati pendidikan, terutama karena kampus terintegrasi tidak menciptakan mahasiswa yang peka terhadap komunitas – beberapa artikel menunjukkan bahwa kondisi seperti itu mengubah mahasiswa menjadi masyarakat elit.

Di sisi lain, perencanaan kampus yang komprehensif lebih menitikberatkan pada peluang yang diberikan oleh pengelola pendidikan, dimana mahasiswa dapat lebih terkelola dalam hal kondisi lingkungan untuk tumbuh kembang pendidikannya, baik formal maupun informal. Kampus terintegrasi dianggap lebih pada kemudahan penyediaan fasilitas pendukung sistem pendukung seperti penyediaan Wi-Fi dan fasilitas pendukung lainnya.

memang saat perencanaan selalu ada dua koin yang selalu berlawanan, keputusan desain memasukkan banyak elemen yang saling mempengaruhi. Dalam konteks kita, kondisi saat ini lebih pada ketersediaan lahan dan rencana keberlanjutan pengelolaan pendidikan untuk rencana jangka panjang yang akan disusun kemudian.

Kompleks kampus dan fasilitas pendukung lainnya direncanakan di atas lahan seluas 150 hektar, di antaranya fungsi tambahannya adalah kos-kosan, komersil, galeri makanan, apartemen, pusat olahraga dan hiburan.

Kampus ini mencakup area seluas 73 hektar, rumah kos – 16 hektar, apartemen dan tempat komersial – 18 hektar, tempat komersial bertingkat rendah – 8 hektar, tempat pendidikan – 23 hektar, sarana dan prasarana – 12 hektar.

Kampus yang direncanakan terletak di Jawa Barat, di pinggir tol Jagoravi. kavling memiliki fasad 2,1 km ke arah jalur tol, dengan 1 pintu utama dan 3 pintu penyangga. Denah bangunan dirancang untuk menggunakan 35% dari 40% kdb bangunan yang diizinkan dengan ketinggian bangunan 2 sampai 15 lantai. CLB direncanakan – 1.

Lokasi tersebut dipotong oleh 1 sungai besar dengan pembangunan waduk guna melestarikan sumber daya air bagi wilayah dan lingkungan. sungai dan waduk berfungsi sebagai landmark untuk penanda spasial makro, area rekreasi dan budidaya air tawar.

Di kampus seluas 73 hektar itu, direncanakan ada pelarangan pergerakan kendaraan bermotor. Kami merencanakan tas parkir sebagai kebiasaan masyarakat kita yang terbiasa dengan kendaraan bermotor. Di kampus direncanakan menggunakan angkutan ramah lingkungan dengan menggunakan kereta listrik, sepeda dan kendaraan listrik lainnya.

Gedung fakultas saling berhubungan, setiap fakultas memiliki ruang terbuka. Jalur utama antar fakultas adalah jalur masuk yang mengarah dari pintu masuk utama menuju asrama yang direncanakan.

RTH pada jalur utama menggunakan tanaman perredu sehingga secara visual terhubung dan saling mengontrol, sedangkan sisi yang terhubung dengan jalan utama menggunakan tanaman keras sebagai penyangga untuk menjaga kondisi udara dan suara yang lebih baik. ..

Gedung rektorat menempati posisi di tengah alun-alun, berbentuk lingkaran, berorientasi pada kawasan pejalan kaki dan kawasan badan air. Bersamaan dengan gedung administrasi, juga terdapat laboratorium kampus yang dapat digunakan baik di dalam maupun di luar ruangan.

Ruang komersial yang terletak di sebelah kampus seluas 72 hektar ini rencananya akan dibuat lebih vertikal dengan ketinggian gedung 6 sampai 15 lantai. Properti komersial dan residensial ini mendukung kampus, termasuk rumah sakit, sekolah dasar dan menengah, apartemen, usaha kecil dan menengah, perkantoran, dan fasilitas lainnya.

Dalam perspektif bisnis, ada fungsi yang didedikasikan untuk subsidi daerah. kawasan tersebut disubsidi silang oleh kampus sehingga secara sosial dapat menunjang kebutuhan kampus.

upaya terakhir adalah program pendidikan dan rekreasi, kampus sebagai sarana belajar mengajar, terbuka terhadap lingkungan, memungkinkan saling berbagi masalah keilmuan yang dapat digunakan dan disajikan kepada masyarakat sekitar. Penemuan sains dan teknologi akan dialihkan ke ranah pendidikan, yang memadukan pendidikan dan hiburan, dengan tujuan belajar dengan cara yang lebih menyenangkan.

Desain hunian dan kantor lainnya: tubaguskencanaarsitek.co.id

sebuah proyek yang kami harapkan dapat dikelola dengan baik menjadi baru, bermanfaat bagi masyarakat dan para pengguna kampus itu sendiri. Segala bentuk desain perlu dibarengi dengan sistem operasi yang baik agar objek dapat mendekati ideal, bahkan ideal, namun kami sebagai pemilik dan pihak terkait memiliki jalan panjang untuk mengimplementasikannya dengan baik.