Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan Dan Pengobatan
Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Manggis atau (Garcinia mangostana L). Adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang diyakini berasal dari kepulauan Nusantara. Yang tumbuh hingga mencapai (7 sampai 25 meter) Dan buahnya di sebut Manggis. Yang berwarna merah keunguan ketika matang. Meskipun ada pula varian yang kulitnya berwarna merah. Buah manggis dalam perdagangan di kenal sebagai Ratu Buah, Sebagai pasangan durian, Si raja buah. Buah ini mengandung mempunyai aktivitas antiinflamasi dan antioksidan. Sehingga di luar negri buah manggis di kenal sebagai buah yang memiliki kadar antioksidan tertinggi di dunia ini. Buah manggis tersebut berkerabat dengan kokam, asam kandis, dan asam gelugur, Sebagai rempah bumbu dapur dari tradisi boga India dan Indonesia di daerah Sumatra.

Mengimbangkan Sistem Kelenjar Endokrin

Kulit manggis mengandung senyawa yang bernama Xanthone yang bekerja mengimbangkan sistem kelenjar endokrin. Sistim kelenjar endokrin yang seimbang menimbulkan keseimbangan yang baik dari semua hormon dan neurokimia yang di produksi oleh sistem endokrin. Xanthone juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, Dan mengeluarkan racun di dalam hati, Dan lain sebagainya.

Menjaga Kesehatan Otak

Antioksidan yang ada di dalam kulit buah manggis juga dapat membantu mencegah penurunan fungsi otak yang dapat mengakibatkan penyakit seperti, (Demensia dan Alzheimer). Juga dapat mencegah terjadinya faktor kerusakan sistem syraf yang dapat mengakibatkan penyakit (Parkinson). Kandungan Flavonoid di dalam kulit biah manggis bekerja untuk menghentikan kerusakan ringan pada Memori Otak.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kandungan antioksidan di dalam kulit buah manggis dapat membantu untuk melindungi dan menurunkan kandungan asam yang tinggi pada Lambung. Zat antimikroba dalam kulit manggis dapat memerangi bakteri, Parasit, Jamur di dalam perut. Selain itu juga Zat antimikroba tersebut bekerja untuk mengatasi iritasi usus besar dan usus kecil yang dapat menyebabkan gangguan fungsi pencernaan serta diare. Eksrak kulit manggis juga mampu mencegah radang usus besar dengan cara menghambat infeksi pada Kantong-kantong yang terdapat di lapisan usus besar.

Mencegah Batu Ginjal

Mengkomsumsi ekstrak kulit manggis dalam jumlah tertentu secara rutin akan membuat anda mengeluarkan air seni lebih sering, Sehingga anda dapat terhindar dari penyakit infeksi saluran kemih dan juga masalah batu ginjal.

 

Sumber: https://www.duniabudidaya.co.id