Makhluk gaib selain malaikat (jin – iblis – setan)

Makhluk gaib selain malaikat (jin – iblis – setan)

Makhluk gaib selain malaikat (jin – iblis – setan)

Makhluk gaib selain malaikat (jin – iblis – setan)
Makhluk gaib selain malaikat (jin – iblis – setan)

Selain malaikat, makhluk ghaib lain yang wajib kita imani diantaranya ialah jin, setan dan iblis. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

Jin

Tidak sedikit ulama yag membuat definisi berkaitan dengan jin,salah satunya adalah rasyid ridho. Menurutnya, jin adalah salah satu makhluk gaib yang dikarunia akal,memiliki wujud dan diciptakan dari api.

Makhluk gaib selain malaikat (jin – iblis – setan) Selain malaikat, makhluk ghaib lain yang wajib kita imani diantaranya ialah jin, setan dan iblis.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

Sebagai makhluk gaib, keberadaan jin tidak dapat ditangkap oleh panca indra manusia Diantara dalil naqli yang menerangkan sifat tersebut antara lain : Q.S Al-hijr ayat 27 yang artinya “ dan aku ciptakan jin sebelum (adam) dari api yang sangat panas” Q.S Al-a’raf ayat 27 yang artinya “ sesunguhnya ia (jin) dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak dapat melihat mereka, dan sesungguhnya kami telah menjadikan setan (jin) itu pemimpin bagi orang-orang yang tidak beriman Sama dengan manusia, jin juga diperintahkan oleh allah untuk beribadah kepada-nya, kemudian diantaranyamereka ada yang tunduk terhadap perintah tersebut dan ada pula yang mengingkarinya. Sebagai makhluk gaib, keberadaan jin tidak dapat ditangkap oleh panca indra manusia.

Dalil Naqli Tentang Sifat Jin

Diantara dalil naqli yang menerangkan sifat tersebut antara lain :

Q.S Al-hijr ayat 27 yang artinya “ dan aku ciptakan jin sebelum (adam) dari api yang sangat panas”
Q.S Al-a’raf ayat 27 yang artinya “ sesunguhnya ia (jin) dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak dapat melihat mereka, dan sesungguhnya kami telah menjadikan setan (jin) itu pemimpin bagi orang-orang yang tidak beriman. Sama dengan manusia, jin juga diperintahkan oleh allah untuk beribadah kepada-nya, kemudian diantaranyamereka ada yang tunduk terhadap perintah tersebut dan ada pula yang mengingkarinya. Hal itu menyebabkan sebagian jin berislam dan yang lain kafir.

Firman allah dalam Q.S Adz- Dzariyat ayat 56
Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku

Mengenai jin kafir, allah menyebutnya dalam Q.S fushilat ayat 25
Dan Kami tetapkan bagi mereka teman-teman yang menjadikan mereka memandang bagus apa yang ada di hadapan dan di belakang mereka dan tetaplah atas mereka keputusan azab pada umat-umat yang terdahulu sebelum mereka dari jinn dan manusia, sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang merugi.

Ayat 17 surah An-naml juga menjelaskan bahwa sebagian jin pernah menjadi tentara nabi sulaiman
Dan dihimpunkan untuk Sulaiman tentaranya dari jin, manusia dan burung lalu mereka itu diatur dengan tertib (dalam barisan).

Iblis atau setan

Seperti halnya dengan jin,iblis juga diciptakan allah swt, dari api. Iblis adalah bangsa jin yang mendurhakai allah, dianatara sebab tidak mau tunduk dan durhaknya iblis terhadap allah swt. adalah sikap sombong yang dimilikinya. Dia merasa asal mula penciptaanya jauh lebih mulia dari adam, yang kala itu harus disujudnya atas perintah allah swt. hal ini sebutkan dalam Q.S AL- A’raf ayat 12 berikut

Q.S AL- A’raf ayat 12
Allah berfirman: “Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu?” Menjawab iblis “Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah”.

Sikap ini menjadikan iblis tidak memiliki harapanlagi atas rahmat allah swt tempatnya disurga digantikan dengan nereka. Oleh karenannya, iblis meminta kepada allah swt. agar diberi kehidupan hingga kimat, dalam kurun waktu tersebut dia akan berusaha untuk menjerumuskan manusia pada kedurhakaan yang pernah dia lakukan sebelumnya, agar manusia menempati neraka pula. Allah swt. mengabulkan permohonan ini.

Secara harfiah setan berarti makhluk yangingkar dan keras kepala. Al-Qur’an menyebutkan bahwa tidak hanya jin, manusia yang keras kepala danmengingkari allah swt juga disebut setan. Mereka adalah makhluk pimpinan iblis yang senatiasa mengajak manusia pada kedurhakaan pada allah swt. dan menghalanginya dari jalan allah swt. cermati firman allah swt. dalam Q.S Al-A’raf : 16 -17

Q.S Al-A’raf : 16 -17
iblis menjawab: “Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus, (16)
kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat). (17)

Setelah membaca penjabaran di atas dapat kita simpulkan beberapa sifat iblis atau setan berikut :
Diciptakan dari api
Durhaka terhadap allah swt
Senantiasa berusaha menjerumuskan manusia ke jalan sesat

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan Makhluk gaib selain malaikat (jin – iblis – setan)

Semoga artikel yang singkat ini, dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda, sampai jumpa lagi pada artikel islami lainnya.

Sumber: https://www.catatanmoeslimah.com/2018/09/kumpulan-bacaan-sholawat-nabi-muhammad-saw.html