Langkah-langkah Pembelajaran MMP Dengan Menggunakan Buku

Langkah-langkah Pembelajaran MMP Dengan Menggunakan Buku

           Setelah siswa mengenal huruf melalui kegiatan membaca tanpa buku, selanjutnya anak dihadapkan pada tulisan dalam buku. Pembelajaran dapat dilakukan melalui kegiatan membaca buku pelajaran, membaca bacaan sederhana yang dipilih guru (gunakan gambar dan kartu kata), dan membaca bacaan yang disusun siswa secara individual maupun kelompok. Pembelajaran dapat dilakukan secara integratif.

            Ada beberapa cara alternatif langkah pembelajaran MMP dengan menggunakan buku. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan awal, yakni pembelajaran MMP tanpa buku. Dengan demikian, diasumsikan siswa tidak berangkat dari kondisi nol.

  1. Membaca buku pelajaran (buku paket)

Langkah-langkah pembelajaran adalah sebagai berikut.

1)      Siswa diberi buku yang sama dan diberi kesempatan untuk melihat-lihat isi buku tersebut.

2)       Siswa diberi penjelasan singkat mengenai buku tersebut.

3)       Siswa diberi penjelasan dan petunjuk tentang bagaimana cara membuka halaman buku agar buku tetap rapi dan tidak rusak.

4)      Siswa diberi penjelasan mengenai fungsi dan kegunaan angka-angka yang menunjukkan halaman-halaman buku

5)      Siswa diajak untuk memusatkan perhatian pada salah satu teks atau bacaan yang terdapat pada halaman tertentu.

6)      Jika bacaan disertai gambar, sebaiknya guru memberikan ulasan tentang gambar tersebut.

7)      Selanjutnya, barulah pelajaran membaca dimulai. Guru dapat mengawali pembelajaran ini dengan cara yang berbeda-beda.

Pembelajaran membaca menggunakan buku hampir sama halnya dengan pembelajaran membaca tanpa buku. Perbedaannya terletak pada alat ajarnya.hal lain yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran MMP adalah penerapan prinsip dan hakikat pembelajaran bahasa. Prinsip pengajaran bahasa yang dimaksud adalah bahwa pembelajaran bahasa fungsi utamanya sebagai alat komunikasi. Oleh sebab itu, model pembelajaran bahasa harus didasarkan pada pendekatan komunikatif-integratif.

  1. Membaca buku dan majalah anak yang sudah terpilih

Pengenalan terhadap jenis bacaan lain selain buku ajar sangat penting dalam menumbuhkan minat anak. Kita dapat menggunakan buku bacaan atau majalah yang sudah dipilih berdasarkan pertimbangan taraf kemampuan siswa, azas kebermaknaan, kemenarikan, keterbacaan, dan kemudahan. Bacaan sederhana hendaknya menjadi pilihan utama. Kosakata yang dipakai hendaknya mengandung huruf yang sudah dikenal anak.

  1. Membaca bacaan susunan bersama guru-siswa

sumber :

https://www.prayasone.org/speech-to-text-translator-apk/