Langkah-langkah pembelajaran menulis permulaan

  Langkah-langkah pembelajaran menulis permulaan

Langkah-langkah kegiatan menulis permulaan terbagi menjadi dua kelompok, yakni:

  1. Pengenalan huruf

Kegiatan ini dilakukan bersamaan dengan kegiatan pembelajaran membaca permulaan. Pembelajaran ini lebih ditekankan pada pengenalan bentuk tulisan serta pelafalan yang benar. Pengenalan ini berfungsi untuk melatih indra siswa dalam mengenal dan membedakan bentuk dan lambang tulisan.

Contoh : Seorang guru hendak memperkenalkan huruf b, a, u, dan i. Langkah- langkah yang ditempuh adalah sebagai berikut.

1)        Guru menunjukkan gamabar dua orang anak laki-laki. Gambar pertama seorang anak memakai topi bernama Badu dan gambar kedua seorang anak tidak memakai topi bernama Budi.

2)        Guru memperkenalkan nama kedua anak tersebut sambil menunjuk nama masing-masing anak yang tertera di bawah gambar.

3)        Melalui proses tanya jawab secara berulang-ulang anak diminta menunjukkan mana Budi dan mana Badu sambil menunjukkan bentuk tulisan.

4)        Selanjutnya, guru memindahkan dan menuliskan kedua bentuk tulisan tersebut di papan tulis dan anak-anak diminta memperhatikan.

5)        Setiap tulisan tersebut kemudian dianalisis dan disintesiskan kembali.

6)        Demikian seterusnya kegiatan ini dilakukan bersamaan dengan pembelajaran membaca permulaan.

  1. Latihan

Ada beberapa bentuk latihan menulis permulaan yang dapat kita lakukan, seperti berikut ini.

1)      Latihan memegang pensil dan duduk dengan sikap dan posisi yang benar. Tangan kanan berfungsi untuk menulis sedangakan tangan kiri berfungsi untuk menekan bukuagar tidak bergesar. Selain itu kita juga mengajarkan posisi duduk yang benar.

2)      Latihan gerakan tangan mula-mula melatih gerakan tangan di udara dengan telunjuk sendiri atau bantuan alat seperti pensil, kemudian dilanjutakn dengan menulis di buku.

3)      Latihan mengeblat latihan ini dilakukan dengan cara menirukan atau menebalkan suatu tulisan dengan menindas tulisan yang telah ada. Latihan ini dapat menggunakan kertas karbon, kertas tipis. Guru hendaknya mencontohkan terlebih dahulu di papan tulis.

4)      Latihan menghubungkan titik-titik yang membentuk tulisan

5)      Latihan menatap bentuk tulisan, latihan ini dimaksudkan untuk melatih koordinasi antara mata, ingatan, dan jari ketika menulis sehingga anak dapat mengingat bentuk kata atau bentuk huruf dalam benaknya dan memindahkan ke jari tangannya.

6)      Latihan menyalin, latihan ini hendaknya diberikan setelah siswa benar-benar mengenal huruf dengan baik. Menyalin tulisan memiliki bermacam variasi diantaranya menyalin tulisan apa adanya, menyalin huruf cetak ke huruf tegak bersambung atau sebaliknya.

7)      Latihan menulis halus indah, latihan ini dapat dilakukan dengan menggunakan buku bergaris atau buku kotak. Petunjuk berharga apabila Anda tidak memiliki fasilitas seperti ini.

sumber :

https://legendsbargrill.com/noblemen-apk/