Langkah-langkah Membersihkan Kipas Angin

Langkah-langkah Membersihkan Kipas Angin

Langkah-langkah Membersihkan Kipas Angin

Langkah-langkah Membersihkan Kipas Angin
Langkah-langkah Membersihkan Kipas Angin

Di kala panas menyerang, kipas angin bagai mukjizat yang tak ternilai harganya. Pengap hilang, mood pun kembali normal. Namun terkadang jika telah lama digunakan, kipas jadi penuh debu dan menghalangi udara dingin yang keluar dari kipas. Menghindari hal tersebut, yuk mulai rawat kipas dengan membersihkannya secara rutin. Jika kamu masih bingung mau mulai darimana, mendingan kamu ikuti tips dari Shopee berikut ini yuk!

Diamkan kipas angin beberapa saat setelah digunakan

Jika kipas angin baru saja digunakan, ada baiknya kamu mengistirahatkannya sebentar. Panas di mesin yang diakibatkan oleh aliran listrik dapat mempersulit proses membongkar kipas. Pastikan juga bahwa kipas yang hendak dibersihkan tak lagi tersambung ke listrik untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan seperti tersetrum.

Gunakan obeng untuk membuka bautnya

Untuk membantu mempermudah proses pembongkaran kipas yang hendak dibersihkan, gunakanlah obeng untuk membuka baut-bautnya. Pastikan juga kamu menyimpan detail-detail kecil secara rapi agar mudah ditemukan kembali untuk merekatkan antar penutup kipas angin setelah dicuci.

Mulai dengan membersihkan penutup kipas angin

Di tahap awal, kamu bisa memulainya dengan mengusir debu di bagian penutup kipas angin dengan sapu kecil atau dengan  menghisap debu menggunakan vacuum cleaner. Setelah debu bersih tersapu, kamu bisa melanjutkannya dengan menyiramnya dengan air yang kemudian dilanjutkan dengan membalurkan sabun cuci piring ke atasnya. Jangan lupa bilas setelah sabunnya dibalurkan secara rata ya.

Lanjutkan dengan penutup kincir sekaligus kincir anginnya

Setelah itu, aplikasikan cara yang sama di penutup kincir beserta kincir anginnya. Setelah dibilas, jangan lupa untuk mengelapnya hingga kering. Jika tidak kering dan masih berbalut basah, air yang menempel dapat masuk ke mesin dan merusak mesin. Ingat selalu bahwa air adalah musuh utama berbagai mesin.

Bersihkan ‘bodi’ kipas angin

Selesai dengan urusan ‘dalam’, lanjutkan ke tahap berikutnya yaitu pembersihan bodi fisik kipas. Untuk yang satu ini kamu tak perlu memakai air, namun cukup dilap saja menggunakan kain basah. Pastikan kamu mengelapnya secara rata agar debu pergi tanpa tersisa ya!

 

Baca Juga :