LANDASAN FILSAFAT

LANDASAN FILSAFAT

Filsafat ialah hasil pemikiran dan perenungan secara mendalam tentang sesuatu sampai ke akar-akarnya. Sesuatu disini dapat terbatas dan dapat pula tidak terbatas. Bila tidak terbatas, filsafat membahas segala sesuatu yang ada di alam yang serinng dikatakan filsafat umum. Sementar filsafat yang terbatas ialah filsafat ilmu, filsafat pendidikan, filsafat seni, dan sebagainya.

Filsafat membahas sesuatu dari segala aspeknya yang mendala, maka dikatakan kebenaran filsafat adalah kebenaran menyeluruh yang sering di pertentangkan dengan kebenaran ilmu yang sifatnya relatif. Karena kebenaran ilmu hanya dilihat ditinjau dari segi yang biasa diamati oleh manusia saja. Dalam garis besar ada empat cabang filsafat yaitu metafisika, epistemologi, logika dan etika.

  1. Filsafat pendidikan

Filsafat pendidikan ialah hasil pemikiran dan perenungan secara mendalam sampai ke akar-akarnya mengenal pendidikan. Yang menceritakan tentang maksud filsafat pendidikan sebagai berikut:

  1. Menginspirasi

Menginspirasi adalah memberi inspirasi kepada para pendidik untuk melaksanakan ide tertentu dalam pendidikan. Melalui filsafat tentang pendidikan,filsof memafarkan idenya bagaimana pendidikan itu, ke mana diarahkan pedidikan itu, siapa saja yang patut menerima pendidikan, danbagaimana cara mendidik serta peran pendidik.

  1. Menganalisis

Menganalisi dalam filsafat adalah memeriksa secara teliti bagian-bagian pendidikan agar dapat diketahui secara jelas validnya. Hal ini perlu dilakukan agar dapat menyusun konsep pendidikan secar utuh tidak terjadi keracunan, tumpang tindih, serta arah yang yang simpang siur.

  1. Mempreskriptifkan

Mempreskriptikan dalam filsafat pendidikan adalah upaya menjelaskan atau memberi pengarahan kepada pendidik melalui filsafat pendidikan. Yang dijelaskan cara-cara mengaplikasikan pendidikan mencakup: proses perkembangan itu sendiri, batas-batas bantuan yang bisa diberika kepada proses perkembangn itu sendiri, batas-batasketerlibatan pendidik, arah pendidikan yag jelas, target-target pendidikan bila diperlukan sesuai dengan kemampuan, bakat, minat anak-anak. Penjelasan ini diberi rasional dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

  1. Menginvestigasi

Menginvestigasikan dalam filsafat pendidikan adalah utuk memeriksa atau meneliti kebenaran suatu teori pendidikan.

sumber :
https://mitranet.co.id/seva-mobil-bekas/