Laboratorium alam bentuk karakter siswa

Laboratorium alam bentuk karakter siswa

Laboratorium alam bentuk karakter siswa

Laboratorium alam bentuk karakter siswa
Laboratorium alam bentuk karakter siswa

Berkomitmen membangun karakter yang berwawasan lingkungan menjadi kekuatan

tersendiri bagi MAN 2 Yogyakarta, melaju dalam seleksi penghargaan Adiwiyata tingkat DIY. Salah satu bentuk komitmen tersebut diwujudkan dalam bentuk laboratorium alam.

“Ide laboratorium alam ini berasal dari para siswa kami sendiri. Karenanya mereka pula yang merancang dan mengelolanya. Pihak sekolah dan guru hanya membantu mengarahkan sesuai dengan mata pelajaran yang dilaksanakan pada laboratorium alam itu sendiri,” kata Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan MAN 2 Yogyakarta, Anita Isdarmini kepada wartawan, di Yogyakarta, Selasa (25/6/2013).

Anita menjelaskan, kegunaan laboratorium alam tersebut untuk mempelajari tentang alam

melalui mata pelajaran apapun tidak hanya biologi. “Kami ingin membangun karakter berwawasan lingkungan pada anak-anak, sehingga mereka mengerti arti kebersihan, kesehatan dan ramah lingkungan. Dan itu semua tentu bisa disampaikan melalui pelajaran apapun,” imbuhnya.

MAN 2 Yogyakarta sendiri telah dinyatakan sebagai perwakilan Kota Yogyakarta pada penilaian tingkat DIY

usai mengalahkan SMA Negeri 3 Yogyakarta, SMA Negeri 6 Yogyakarta dan SMA Negeri 9 Yogyakarta. Penilaian tingkat DIY sendiri saat ini tengah berlangsung dan hasilnya akan diumumkan dalam satu bulan mendatang.

“Jika kami menang di tingkat DIY, kami akan mewakili DIY untuk Adiwiyata tingkat nasional. Kami memang menargetkan minimal mampu melaju ke tingkat nasional,” tuturnya.

 

Baca Juga :