Konsep Politik

Konsep Politik

Secara umum politik berkaitan dengan suatu segi khusus dari kehidupan masyarakat yang menyangkut soal kekuasaan. Tumpuan kajian politik adalah bermacam-macam kegiatan dalam suatu proses sistem politik (negara) yang menyangkut proses menentukan tujuan-tujuan dari sistem itu dan melaksanakan tujuan-tujuan tersebut.

Berbicara politik tentu saja tidak dapat dipisahkan dari pembicaraan kekuasaan karena untuk memahami politik itu sendiri dapat dikaji dari pendekatan kekuasaan. Menurut pendekatan ini politik dilihat sebagai kegiatan mencari, mempertahankan dan melaksanakan kekuasaan serta  memperngaruhi pihak lain ataupun menentang pelaksanaan kekuasaan. Sehingga ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari hakikat, kedudukan daan penggunaan kekuasaan.

Berikut adalah pengertian politik menurut para ahli, yaitu :

v  Menurut Prof. Miriam Budiardjo, politik adalah bermacam-macam kgiatan yang menyangkut penentuan tujuan-tujuan dan pelaksanaan tujuan itu sendiri. Menurut beliau politik membuat konsep-konsep pokok tentang negara (state), kekuasaan (power), pengambilan keputusan (decision making), kebijaksanaan (policy of beleid) dan pembagian (distribution).

v  Menurut Johan Kaspar B, yang menyatakan bahwa politik adalah ilmu yang memperhatikan masalah kenegaraan dengan memperjuangkan pemahaman tentang negara dan keadaannya. Serta sifat-sifat dasarnya dalam berbagai bentuk pembangunannya.

v  Menurut F. Soltau,  Politik ialah ilmu yang mempelajari tujuan-tujuan negara dan lembaga-lembaga yang akan melaksanakan tujuan itu serta hubungan antar negara dengan warga negaranya atau dengan negara-negara lain.

Dengan demikian kita sampai pada kesimpulan bahwa politik dalam suatu negara (state) berkaitan dengan masalah kekuasaan (power), pengambilan keputusan (decision making), kebijakan publik (public policy), dan alokasi atau distribusi (allocation or distribution).

sumber :

https://nashatakram.net/layanan-otomotif-seva-id/