Konsep Activity Based Management (ABM)

Konsep Activity Based Management (ABM)

Activity based management (ABM) adalah pendekatan manajemen  yang memusatkan pengelolaan pada aktivitas dengan tujuan untuk melakukan improvement berkelanjutan terhadap value yang dihasilkan bagi customer, dan laba yang dihasilkan dari penyediaan value tersebut. Dalam defenisi ABM ini terdapat dua frasa penting: (1) pemusatan pengelolaan pada aktivitas untuk improvement berkelanjutan terhadap customer value. Fokus pengelolaan dengan menggunakan ABM diletakkan pada aktivitas komponen terkecil  dalam proses untuk menghasilkan produk dan jasa bagi customer. dan (2) pemusatan pengelolaan pada aktivitas untuk menghasilkan laba dari penyediaan value bagi customer. Laba merupakan selisih lebih pendapatan dikurangi biaya. Pendapatan diperoleh dari penjualan fitur produk/jasa kepada customer. Dalam menghasilkan pendapatan dalam mengonsumsi biaya, aktivitas menjadi titik pusat pengelolaan.

Tujuan ABM menitikberatkan pengelolaannya ke noon value added activity yang ditujukan untuk meningkatkan cost effectiveness proses yang digunakan untuk melayani customer.

Posisi ABM Dalam resource Management System

Resource management  system terdiri atas empat sistem: sistem penyusunan program, sistem penyusunan anggaran, sistem pengimplementasian, dan sistem pemamtauan. Dalam sistem penyusunan program mulai dialokasikan sumber daya (berupa investasi dan biaya) ke setiap program, dan mulai diperhitungkan pendapatan yang direncanakan akan diperoleh perusahaan dari setiap program bermotif laba. Dalam sistem penyusunan anggaran diperhitungkan lebih rinci investasi dan biaya yang direncanakan akan dikeluarkan dalam tahun anggaran untuk melaksanakan bagian dari berbagai program perusahaan, dan diperhitungkan pendapatan yang direncanakan akan diperoleh perusahaan selama tahun anggaran. Dalam sistem pengimplementasian, rencana yang tercantum dalam anggaran dilaksanakan. Dalam sistem pemantauan, informasi (baik keuangan maupun non keuangan) pelaksanaan rencana ditangkap, diklasifikasikan, digolongkan, diringkas, dan disediakan dalam  shared database untuk dapat di akses oleh perusahaan dan pemangku kepentingan lainnya.

sumber :

Mau Mobil Bekas Kualitas Berkelas ? Pilih Seva.id Ya