Keterampilan Dasar Seorang Guru

 Keterampilan Dasar Seorang Guru

 Keterampilan Dasar Seorang Guru

 Keterampilan Dasar Seorang Guru

  1. Ketarampilan Bertanya

                  Merupakan  suatu kegiatan yang penting dalam profesi seorang guru karena dengan adanya bertanya Guru dapat mengetahui perkembangan siswa dalam menerima pelajaran, menuntut proses berpikir siswa, memusatkan perhatian siswa, menimbulkan keberanian bagi siswa untuk menjawab dan membangkitkan minat siswa dalam menggali kembali pengetahuan yang telah dimilikinya. Dan yang lebih penting dengan adanya bertanya guru bisa mengetahui ketercapaian materi atau tujuan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Tetapi dalam bertanya guru harus menggunakan bahasa yang dapat dimengerti oleh siswa (tidak berbelit-belit) dan tidak mempunyai arti yang ganda. Selain itu, guru juga harus memimbing siswa dalam memperoleh suatu jawaban supaya berpikir siswa lebih aktif lagi dalam mencari jawaban yang lebih tepat.

  1. Keterampilan Penguatan

                  Bagi siswa, guru merupakan motivator yang dijadikan penguatan supaya lebih meningkatkan lagi prestasi dan pengetahuannya yang dimilikinya. Seorang guru yang baik, harus bisa memberikan perhatian kepada siswanya baik berupa ucapan maupun gerakan. Tetapi masih dalam keadaan yang positif dan menyenangkan bagi siswa.

  1. Keterampilan Mengadakan Variasi  

                  Dalam menyampaikan materi pelajaran, guru harus bisa membuat variasi-variasi belajar supaya siswa tidak merasa jenuh dan bosan terhadap pelajaran tersebut. Guru juga harus pandai membaca situasi siswa dan keinginan siswa. Maka dari itu, sebelum berlangsungnya proses belajar mengajar, guru harus mempersiapkan segala materi, dan strategi yang akan digunakan, baik berupa alat-alat yang bisa dilihat maupun alat yang bisa didengar. Tujuannya adalah untuk memberikan kesempatan kepada siswa dalam memperoleh cara menerima plajaran yang benar.

sumber :
https://bobhenneman.info/seva-mobil-bekas/