Ketarampilan Menjelaskan

 Ketarampilan Menjelaskan

 Ketarampilan Menjelaskan

 Ketarampilan Menjelaskan

                  Dalam hal ini,  guru dituntut untuk menguasai materi. Supaya hal-hal yang dijelaskan dan disampaikan dapat dimengerti oleh siswa. Untuk tercapainya suatu materi pelajaran, guru harus merencanakan atau mengeonsep terlebih dahulu apa saja yang akan disampaikan kepada siswa yang berhubungan dengan materi pokok yang akan dibahas. Dalam memberikan penjelasan, seorang guru harus mempunyai gaya (cara penyampaian materi) yang menarik supaya dapat meningkatkan semangat belajar siswa.

  1. Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran

                  Disini, tujuannya adalah untuk menyiapkan mental dan minat siswa dalam belajar. Dalam membuka pelajaran, seorang guru dituntut untuk terampil. Begitu juga pabila pelajaran telah selesai, guru harus bisa menyimpulkan materi yang telah disampaikannya kepada siswa, gunanya adalah untuk menguatkan dan memberi kepastian terhadap suatu pengetahuan yang baru menurut siswa. Selain itu juga, sikap profesionalisme harus benar-benar ditunjukan dengan cara yang sopan dan penuh perhatian kepada siswa.

  1. Keterampilan Membimbing Kelompok Kecil

                  Dalam hal ini, guru memberikan bimbingan kepada siswa lebih intensif, misalnya dengan cara membagi kelompok belajar. Sehingga, dengan cara seperti ini diharapkan semangat belajar siswapun lebih meningkat. Adapun tujuannya adalah untuk memberi kesempatan kepada setiap siswa untuk mengembangkan kemampuan memecahkan masalah secara rasional, mengembangkan sikap dan soasial dan semangat gotong royong dalam kehidupan, mendinamiskan kegiatan kelompok dalam belajar. Sehingga setiap anggota merasa dirinya merupakan bagian dari kelompok yang bertanggungjawab.

sumber :