Kesimpulan

Table of Contents

Kesimpulan

 

      IPTEK merupakan alat untuk mempermudah pekerjaan kita, tetapi IPTEK  juga dapat memberikan pengaruh positif dan negatif, tergantung dari kita sebagai penggunanya (Sains seperti pedang bermata dua yang dilematis). Kalau tidak digunakan akan ketinggalan informasi. Namun apabila diikuti maka banyak juga kerugiannya seperti harus membeli pulsa, quota, sering mengisi daya, dll

      Pengaruh kekristenan yang mendorong lahirnya IPTEK merupakan cermin sikap kristiani yang bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan Allah kepada manusia sebagaiamana tertulis dalam Kejadian 1:28.  Pengaruh tersebut makin diperlukan dalam menghadapi era IPTEK saat ini, sehingga hal ini menjadi tanggung jawab setiap ilmuwan Kristen.  Lebih dari itu iman Kristen harus merupakan penyaring segala ide IPTEK yang bertentangan dengan iman Kristen.  Gaya hidup kristiani harus mempunyai sikap selektif, menahan diri untuk memilih dan memiliki produk-produk teknologi, agar tidak jatuh ke dalam sekularisme dan teologi kemakmuran.  Lebih dari itu, hidup kasih, yang makin ditinggalkan oleh manusia era IPTEK ini pada kenyataannya justru makin diperlukan dan makin membawa kesejukan bila diterapkan pada masa kini.

Ilmu dan iman memberikan tuntunan agar manusia dapat berperilaku, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara secara benar. Pendapat Albert Einstein, ‘science without religion is lame, religion without science is blame’ yang artinya ilmu tanpa agama adalah buta dan agama tanpa ilmu menjadi lumpuh.

  1. Saran
  2. Bagi Keluarga

Anak merupakan sosok yang masih dalam pertumbuhan dan pencarian jati diri, karenanya perilaku mereka terus berubah-ubah. Untuk masalah penggunaan IPTEK perlulah juga mendapat bimbingan dari orang tua agar tidak berdampak pada setiap potensi anak, seperti prestasi. Orangtua harus menjadi teladan untuk anak-anak mereka, karena anak senantiasa akan melakukan apa yang orangtua mereka lakukan.

Melihat beberapa faktor yang melatarbelakangi anak dalam penggunaan IPTEK, perlulah ada bimbingan juga dari orang tua untuk perhatikan setiap perubahan dalam diri mereka, kebiasaan keseharian mereka, meski diakui memang ada juga bimbingan dari orangtua namun perlulah juga ada kerja sama antara tenaga pendidik dengan orangtua, supaya ada kesetaraan pembinaan anatar kedua belah pihak yang berperan aktif dalam pertumbuhan perkembangan anak.

  1. Sekolah

Sekolah dan masyarakat khususnya orang tua perlu menjalin kerja sama dengan pihak sekolah dalam mengawasi, menasehati atau memberikan pengajaran agar bisa menanggulangi dampak penyalahgunaan IPTEK.