Kerja Sama Dalam Proses Interaksi Sosial

Kerja Sama Dalam Proses Interaksi Sosial

Kerja Sama Dalam Proses Interaksi Sosial

Kerja Sama Dalam Proses Interaksi Sosial

Pengertian Kerjasama

Yang dimaksud kerja sama di sini adalah kerja sama antara orang perorangan atau kelompok manusia untuk mencapai suatu tujuan bersama. Kerja sama timbul kalau orang-orang menyadari bahwa mereka mempunyai kepentingan-kepentingan yang sama.
Pada masyarakat Indonesia bentuk kerja sama telah dikenal sejak zaman purba, terkenal dengan nama gotong royong. Manusia dalam kehidupan sosial, sejak kecil sudah ditanamkan pola perilaku untuk hidup rukun dengan keluarga dan masyarakat sekitarnya. Hal ini didasarkan pada pandangan hidup, bahwa seseorang tidak mungkin hidup sendiri tanpa kerja sama dengan orang lain.
Dengan semangat gotong royong, sering kali diterapkan untuk mengusahakan kepentingan umum. Suatu bentuk kerja sama akan berkembang, kalau orang yang terlibat dalam interaksi dapat digerakkan untuk mencapai tujuan bersama disertai kesadaran, bahwa tujuan tersebut di kemudian hari mempunyai manfaat bagi semuanya. Di samping itu harus ada iklim yang menyenangkan dalam pembagian kerja serta balas jasa yang diterima.

 

Sehubungan dengan pelaksanaan kerja sama, ada beberapa bentuk kerja sama.

a. Bargaining

Bargaining, yaitu pelaksanaan perjanjian mengenai pertukaran barang-barang dan jasa-jasa antara dua organisasi atau lebih.

b. Cooperation

Cooperation, yaitu suatu proses penerimaan unsur-unsur baru dalam kepemimpinan atau pelaksanaan politik dalam suatu organisasi. Hal itu merupakan salah satu cara untuk menghindari terjadinya kegoncangan dalam stabilitas organisasi yang bersangkutan.

c. Coalition (Koalisi)

Koalisi, yaitu kombinasi antara dua organisasi atau lebih yang mempunyai tujuan-tujuan yang sama. Pada mulanya koalisi memang mengalami kegoncangan-kegoncangan sebab asas dan sifat organisasinya berbeda-beda. Akan tetapi karena diikat oleh tujuan yang sama maka gerak langkah koalisi itu kooperatif.

d. Joint Venture

Joint venture, yaitu bentuk kerja sama yang bergerak dalam pengusahaan proyek-proyek tertentu. Keuntungannya dibagi menjadi proporsi yang sudah disepakati bersama. Misalnya: joint venture antara Indonesia dengan PT. Caltex Amerika Serikat dalam proyek pengeboran minyak bumi.