Keragaman Suku Bangsa

Keragaman Suku Bangsa

Keragaman Suku Bangsa

Keragaman Suku Bangsa
Keragaman Suku Bangsa
  1. a)Menambah devisa Negara

Contoh : Para wisatawan luar negeri dating ke Indonesia untuk melihat keanekaragaman suku bangsa di Indonesia. Hal tersebut dapat menghasilkan devisa Negara Karena pastinya orang luar negeri akan menukar uang mereka dengan mata uang Indonesia (rupiah).

  1. b)Mengembangkan potensi individu masyarakat

Contoh : Orang Dayak terkenal dengan kemampuan mengukirnya. Hal tersebut dapat mengembangkan potensi individu masyarakat karena banyak orang yang ingin melihat bahkan memiliki hasil ukir  dari orang Dayak.

  1. c)Menghasilkan potensi pendapatan ekonomi

Contoh : mayoritas kegiatan penduduk suku Jawa adalah bertani, dan mayoritas kegiatan penduduk suku Batak adalah berdagang. Oleh karena itu, masyarakat suku Jawa dapat menjual hasil taninya kepada suku Batak dan suku Batak juga dapat memenuhi kebutuhannya. Sehingga dapat menghasilkan potensi pendapatan ekonomi.

  1. d)Mendongkrak popularitas pembangunan Negara

Contoh : Memperkenalkan keaneka ragaman suku bangsa Indonesia ke kanca internasional melalui pameran-pameran suku bangsa yang ada di Indonesia. (https://bandarlampungkota.go.id/blog/pancasila-sebagai-dasar-negara/)

  1. e)Membantu pengembangan budaya nasional

Contoh : batik memiliki aneka ragam motif dan coraknya. Warna-warni batik juga beraneka ragam, sehingga banyak orang yang tertarik untuk memiliki pakaian yang bercorak batik dari berbagai macam daerah. Oleh karena itu, batik diangkat menjadi budaya nasional yang dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia maupun masyarakat manca negara.

  1. f)Mengembangkan pemanfaatan potensi SDA

Contoh : di suku Jawa banyak terdapat pohon jati. Masyarakat memanfaatkannya sebagai bahan pembuatan meubel maupun ukiran yang nantinya dijual sampai ke luar Jawa.