Keragaman Bahasa Di Indonesia

Keragaman Bahasa Di Indonesia

Keragaman Bahasa Di Indonesia

Keragaman Bahasa Di Indonesia
Keragaman Bahasa Di Indonesia

Fungsi dan peran keragaman bahasa sebagai modal pembangunan nasional adalah sebagai berikut :

Ø  Keragaman bahasa sebagai wujud kekayaan budaya indonesia

Seperti“Bapak” dalam panggilan Jawa Tengah dan Jawa Timur, Jawa Barat yang biasa memanggil “Abah dan Ambu”, “Ummi dan Abah” yang biasa dipakai sebagai panggilan ayah dan ibu didaerah Aceh. (https://bandarlampungkota.go.id/blog/tabel-sistem-periodik-unsur-kimia-dan-gambar-hd/)

Ø  Keragaman bahasa mengandung nilai-nilai penting budaya

Contoh : bahasa Jawa yang memiliki aturan dalam penggunanya, seperti “ngoko” digunakan untuk anak kecil atau teman sebaya, dan “krama alus” dipakai untuk berbicara dengan orang yang lebih tua. Selain itu, geguritan atau puisi dalam bahasa jawa juga kebanyakan mengandung nilai-nilai kehidupan.

Ø  Bahasa sebagai kontrol sosialuntuk merubah perilaku masyarakat

Contoh : banyak iklan-iklan layanan masyarakat yang mengajarkan kita bagaimana cara hidup bersih, rukun, aman dan baik. Selain itu rambu-rambu atau peringatan yang ditempel pada dinding umun atau pinggir jalan seperti anjuran dilarang merokok, dilarang membuang sampah sembarangan. Juga merupakan bentuk kontrol sosial dapat merubah perilaku masyarakat menjadi lebih baik.

Ø  Bahasa sebagai kontrol

bahwa bahasa tersebut wajib dalam upacara adat dan tidak diganti dengan bahasa Indonesia jika tidak dapat dikenakan sanksi.

Contoh : upacara ngaben di bali harus menggunakan bahasa bali alus (dalam bahasa jawa seperti krama alus) dalam menyampaikan permohonan dan sambutan – sambutan kepada warga, karena dalam sejarah nenek moyang nya,jika mereka tidak menggunakan bahasa tersebut, mereka sama saja seperti berbicara dengan bahasa yang tidak sopan kepada sang “Dewa” dan harus menerima balasannya suatu saat dari sang “Dewa” tersebut. Dan berbagai upacara adat diberbagai daerah, tidak semua bahasa daerah untuk upacara adat dapat diganti dengan bahasa Indonesia.