Kenali Jenis-jenis Psikotes dan Latih Diri dengan Contoh Soalnya

contoh soal psikotes

Kenali Jenis-jenis Psikotes dan Latih Diri dengan Contoh Soalnya

Quipperian, psikotes pasti pernah dan akan kamu hadapi pada momen-momen tertentu dalam hidup. Biasanya, psikotes dihadapi saat kamu masuk ke dunia kuliah hingga dunia pekerjaan. Oleh sebab itu, kali ini Quipper Blog akan membahas mengenai psikotes dan beberapa contoh soalnya. Mau tahu seperti apa pembahasannya? Kuy-lah simak ulasannya berikut!

Apa Itu Psikotes?

Sebelum Quipper Blog membahas lebih lanjut tentang jenis dan contoh psikotes, ada baiknya kamu mengetahui tentang pengertian atau definisi dari psikotes.

Psikotes atau tes psikologi merupakan tes untuk mengukur aspek-aspek individu seseorang dalam segi psikisnya. Dalam tes tersebut, hal yang diukur adalah kecenderungan perilaku seorang individu.

Psikotes lumrahnya berisikan berbagai soal yang menguji kemampuan kognitif dan afektif dari diri seseorang. Kognitif meliputi potensi kecerdasan pikiran atau IQ, sedangkan afektif meliputi kecerdasan emosional atau EQ.

Psikotes memiliki beberapa tujuan. Pertama, untuk mengetahui kemampuan mental dan intelegensia dari peserta yang mengikutinya. Kedua, untuk mengetahui potensi yang dimiliki oleh pesertanya. Dan, melalui psikotes, peserta dapat diketahui fungsi neurologis dalam diri mereka.

Pos-pos Terbaru