Kapasitas

Kapasitas

Kapasitas

Kapasitas
Kapasitas

Setelah selesai menentukan ukuran, saatnya menilik kapasitas. Kapasitas berapa yang Anda inginkan? Kapasitas tidak selalu tersedia untuk semua ukuran. Untuk harddisk dengan ukuran 1 inci hanya tersedia kapasitas maksimal sampai 12 GB saja. Dan untuk harddisk berukuran 1,8 inci hanya tersedia sampai 80 GB. Jika harddisk berukuran 2,5 inci, Anda dapat memiliki data sampai 120 GB. Sedangkan harddisk berukuran 3,5 inci akan jauh lebih bebas lagi. Sampai 1 TB data dapat disimpan.

Kecepatan

Sama halnya dengan kapasitas, kecepatan yang ditawarkan juga tidak selalu tersedia untuk semua ukuran. Kecepatan yang paling besar hanya dimiliki harddisk dengan ukuran yang palling besar juga. Harddisk 3,5 inci dapat memiliki kecepatan sampai 10000 rpm.

Harddisk notebook membutuhkan energi yang lebih kecil untuk bekerja, dan sedikit panas dihasilkan. Oleh sebab itu kecepatan yang ditawarkan juga lebih kecil, hanya 5400 rpm saja. Namun, Anda masih dapat menemukan harddisk notebook yang bekerja dengan kecepatan 4200 rpm.

Sedangkan harddisk yang berukuran lebih kecil lagi menawarkan hanya satu kecepatan, yaitu 4200rpm.

Cache

Fungsi cache pada harddisk sama seperti fungsi RAM pada komputer, yaitu untuk menampung data sementara. Semakin besar RAM, akan semakin cepat komputer bekerja. Sama halnya dengan cache memory pada harddisk, semakin besar semakin cepat data yang tengah diproses terakses.

Cache memory pada harddisk cukup beragam, tergantung pada ukuran juga. Untuk harddisk berukuran kecil (1 – 1,8 inci), cache memory yang tersedia hanya 2 MB. Jika membeli harddisk berukuran besar, cache memory yang tersedia dapat mencapai 16 MB.

Pemilihan Casing

Setelah batang harddisk ada di tangan, selanjutnya adalah memilih casing-nya. Pemilihan casing hampir sama pentingnya dengan pemilihan harddisk itu sendiri. Karena bagaimana Anda memilih casing tidak hanya akan menjamin keamanan dan kenyamanan Anda dalam menggunakan harddisk tersebut, melainkan juga mempengaruhi kompatibilitas harddisk dengan komputer yang akan menerima koneksinya. Casing harddisk sangat beragam dan

tersedia dengan berbagai opsi. Mulai dari harga Rp100 ribu sampai jutaan rupiah. Tergantung pada fitur dan koneksi yang ditawarkan.

Selain fitur dan koneksi, satu lagi yang perlu dipertimbangkan adalah bahan dari casing itu sendiri. Bahan yang baik adalah dari alumunium, yang tidak akan berkarat seperti besi biasa atau mudah pecah seperti bahan plastik. Bahan plastik juga tidak bagus karena membuat harddisk akan cepat panas.

Bentuk

Bahan adalah salah satu pertimbangan yang tidak boleh luput. Setelah bahan komponen lain juga akan menjadi bahan pertimbangan. Anda ketahui sendiri bahwa yang dikatakan harddisk berarti mempunyai komponen mekanik di dalamnya yang berputar ketika bekerja.

Oleh sebab itu, goncangan yang terlalu keras dapat membuat harddisk berhenti bekerja. Jika Anda termasuk orang yang selebor dan banyak melakukan aktivitas yang penuh gerakan, ada baiknya jika casing harddisk yang Anda beli memiliki busa pelindung di dalamnya untuk menahan goncangan.

Busa ada yang menempel pada casing, ada juga yang terpisah. Sayangnya, dengan penempatan busa biasanya ukuran casing akan lebih besar sedikit. Namun, bukan berarti tidak muat di kantong.

Busa berfungsi untuk menahan guncangan, lain halnya dengan panas. Anda akan membutuhkan pembuang panas bila harddisk non-stop akan dipakai bekerja seharian. Berbeda dengan harddisk PC yang pembuangan panasnya dilakukan oleh casing secara keseluruhan. Harddsik eksternal untuk membuang panasnya tidak bisa bergantung kepada perangkat lain. Satu-satu caranya adalah dengan menggunakan kipas sendiri dalam casing-nya. Casing seperti ini banyak ditawarkan, salah satu merk yang terkenal untuk casing seperti ini adalah casing Silver-River dari Thermaltake.

Satu yang menjadi kelemahan casing ini adalah hanya disediakan untuk harddisk berukuran 3,5 inci saja. Oleh sebab itu, bila Anda akan mengaktifkan atau memaksa harddisk eksternal Anda untuk bekerja seharian, sebaiknya Anda memilih harddisk berukuran 3,5 inci.

Koneksi

Setelah menemukan bentuk yang diinginkan periksalah koneksinya. Apakah sesuai dengan koneksi komputer-komputer yang akan terhubung olehnya? Jika ya, maka itu dapat menjadi pilihan yang tepat.

Koneksi yang umum tersedia untuk harddisk eksternal adalah USB. Namun, hati-hati dengan USB ini. Jangan terima jika USB yang diberikan hanyalah USB 1.1. Untuk harddisk yang akan sering melakukan transfer file besar sebaiknya menggunakan USB 2.0.

Jika Anda pemilik Mac atau komputer yang selalu dilengkapi firewire, memiliki koneksi ini untuk casing juga boleh saja. Mengingat firewire memiliki kecepatan yang cukup diandalkan untuk transfer data besar.

Fitur

Ada tiga hal utama yang dapat dipertimbangkan ketika akan membeli casing harddisk, dua yang pertama sudah Anda ketahui. Satu hal lagi yang terakhir adalah fitur lain yang kadang dicari-cari yang menjadi kelebihan harddisk eksternal ketimbang harddisk biasa. Banyak sekali opsi yang di sini.

Card Reader

Banyak casing yang dilengkapi dengan card reader. Card reader ini dapat dimanfaatkan sebagaimana fungsinya pada card reader biasa, yaitu untuk membaca data pada kartu.

Untuk casing-casing tertentu data pada card reader dapat langsung dipindahkan dari kartu ke dalam harddisk sehingga dapat memudahkan bagi Anda yang gemar fotografi, karena fitur ini dapat membantu Anda mengosongkan kartu memory Anda dengan cepat sehingga dapat digunakan kembali untuk memotret. Membawa harddisk 2,5 inci yang dilengkapi dengan card reader tidak terlalu sulit. Cukup muat dalam saku rompi kamera atau dalam saku tas kamera Anda. Salah satu casing yang dapat banyak Anda temui di toko elektronik adalah DigiMate.

Multimedia

Ada juga casing yang mampu memberikan fitur MP3. Bahkan ada juga yang sampai mampu memainkan file multimedia secara langsung tanpa melalui aplikasi tertentu atau harus terhubung ke PC. Menarik, bukan? Untuk kedua fitur ini tersedia untuk harddisk berukuran 2,5 inci atau 3,5 inci. Bahkan ada beberapa harddisk yang juga dilengkapi degan remote, yang memudahkan Anda memilih data mana yang akan dimainkan.

Salah satu merk yang dapat Anda temui adalah Lexcron, karena casing dengan fitur ini menambahkan berbagai macam output multimedia, sehingga bentuknya memang menjadi sedikit lebih besar. Namun, tidak akan kehilangan karakter mobilitasnya, Anda akan tetap dapat memindahkannya ke mana saja.

Baca Juga :