Kapan dan berapa lama kenari itu mabung

Kapan dan berapa lama kenari itu mabung?

Proses mabung pada burung kenari merupakan proses alamiah yang akan terjadi pada waktunya, waktu mabung tersebut bisa berjalan dengan cepat maupun lambat, karena disaat kenari mabung memerlukan proses perawatan yang ekstra/harus lebih diperhatikan dari pada biasanya supaya proses mabungnya segera tuntas.

faktor penyebab lamanya kenari mabung

Bayak faktor penyebab lamanya kenari mabung yang harus kita perhatikan didalam perawatanya, mulai dari perawatn, pemberian pakan, maupun pemberian vitamin. Karena jika perawatan yang baik, pemberian pakan yang tepat, dan pemberian vitamin yang tidak terlewatkan maka proses mabung pada burung kenari yang anda pelihara akan segera tuntas/bisa tuntas lebih cepat.

Untuk masalah perawatan disaat kenari mabung sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya, dan pantangan apa saja yang harus dihindari disaat kenari mabung juga sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya. Maka dari itu pada artikel kali ini akan saya jelaskan lebih rinci mengenai kapan dan berapa lama kenari itu mabung?

Burung kenari akan mengalami proses mabung untuk yang pertama kali ketika berusia sekitar 3- 4 bulanan, yaitu masa pergantian dari bulu anak ke bulu dewasa. Bulu anak tersebut akan berganti bulu dewasa yang lebih kuat dan warna yang lebih tajam dibandingkan dengan bulu anakan. dan biasanya pertumbuhan bulu baru ini dimulai dari bagian dada, bahu, kepala, tengkuk, punggung dan akhirnya bulu-bulu besar pada sayap dan ekor.

Proses mabung yang kedua berlangsung setelah burung berumur kurang lebih 1 tahun. Pada proses mabung yang kedua ini sangat terlihat dari aktifitas si burung. Kenari jantan hampir tidak pernah berbunyi, jantan ataupun betina seolah-olah hilang birahinya, nafsu makan hilang dan akan lebih suka berjemur sambil mengais-ngais bulunya. Proses mabung yang kedua ini biasanya berlangsung sekitar 1 sampai 2 bulan dan setelah itu bulu-bulu akan lengkap kembali seperti semula, namun kebiasan berkicau serta birahi kenari akan sedikit terlambat.

Untuk proses mabung ke tiga biasanya saat kenari berumur sekitar 2 tahun atau kurang lebih 7 bulan setelah mabung yang kedua. dan untuk mabung yang ketiga terjadi setelah proses mabung sebelumnya selisih 7 bulan, maksutya selang 7 bulan burung kenari akan mengalami proses mabung selanjutnya, dan begitu seterusnya.

Sedangkan lamanya kenari mabung umumnya yang sering dialami oleh kebanyakan peternak adalah sekitar 2 bulan, dalam waktu 2 bulan tersebut burung kenari akan tuntas-tas proses mabungnya. Namun jika perawatn yang baik, pemberian pakan dan vitamin yang tepat kurang dari 2 bulan saja kenari akan tuntas dalam proses mabungnya.

Sumber: https://multiply.co.id/